Masuk Kota Rembang, Bus Harus Mandi Disinfektan

bhinnekanusantara.id – Bus antar kota yang transit di terminal Rembang harus mandi dulu. Karena perlu dilakukan penyemprotan disinfektan. Kemarin pagi petugas gabungan telah melakukan pengecekan kepada beberapa bus antar kota antar provinsi (AKAP) trayek Semarang-Surabaya. Tentunya hal ini dilakukan untuk penanggulangan Covid-19.

 

Apel operasi gabungan itu diikuti dari beberapa petugas. Dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, RNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) Rembang, juga Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang.

Petugas yang menyemprot juga mengenakan alat pelindung diri (APD). Lengkap. Mulai masker hingga baju mirip jas hujan. Bus panjang itu disemprot menyeluruh. Mulai biodi, ban, hingga kaca depan. Komplet.

Sementara, para penumpang bus dilakukan pengecekan suhu badan. Menggunakan alat pengukur suhu tubuh. Belum menemukan. Para petugas berbagi tugas. Dari DKK melakukan pengecekan suhu badan, BPBD bertugas penyemprotan, sementara dari polres mengalihkan bus yang melintas agar memasuki terminal.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Kabupaten Rembang Pramujo mengatakan, giat pemantauan ini dilakukan kepada bus AKAP yang keluar masuk wilayah Rembang sebagai pencegahan penyebaran virus corona Rembang.

”Pemantauan diawali dengan pemeriksaan suhu badan seluruh penumpang serta awak bus. Seluruh penumpang kami turunkan,” ujarnya.

Kedepan, lanjut dia, akan dikoordinasikan kembali bersama tim gabungan dari BPBD, TNI, POLRI, Dishub, dan DKK Rembang, terkait tindak lanjut ke depan. Petugas gabungan melanjutkan kembali giat sosialisasi dan penyemprotan cairan disinfektan di beberapa fasilitas umum lainnya.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi