oleh

Melalui Terobosan Cemara Kamtibmas, Bhabinkamtibmas Polsek Jiken Promosikan Wisata Lokal Daerah

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Berbagai upaya terus dilakukan oleh Polsek Jiken Polres Blora Polda Jawa Tengah untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah kecamatan Jiken kabupaten Blora. Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi,SH,MH terus memberdayakan anggotanya terutama bhabinkamtibmas untuk menjadi pelopor kamtibmas diwilayah binaan masing masing.

Terkini, Bhabinkamtibmas desa Bangowan Bripka Nyamat Ari Widodo,ST mempunyai sebuah terobosan kreatif di bidang pariwisata. Berawal dari ide kecil bersama kepala desa dan perangkatnya, Bhabinkamtibmas mempunyai ide untuk mengembangkan kawasan bukit Kunci menjadi sebuah wisata alam.

Adapun Bukit Kunci yang terletak di desa Bangowan kecamatan Jiken adalah salah satu dataran tinggi yang menjanjikan pemandangan alam yang indah, selain itu ada salah satu buah khas daerah setempat yang melegenda, yaitu sawo super organik khas desa Bangowan.

Berawal dari itulah Bhabinkamtibmas Bripka Nyamat terus melakukan pengembangan untuk menambah daya tarik bukit Kunci, hingga kini Bukit Kunci menjadi salah satu wisata alam yang ramai dikunjungi.

Setelah beberapa waktu lalu menginisiasi pengadaan Wifi di lokasi Bukit Kunci. Baru baru ini Bripka Nyamat menyerahkan bantuan bibit pohon cemara kepada pengelola wisata. Adapun bibit pohon cemara tersebut dibeli dari hasil gaji Bripka Nyamat sebagai anggota Polri. “Hari ini bersama warga, kita tanam sebanyak 10 bibit pohon cemara. Harapannya bisa menambah keindahan dan kesejukan wisata bukit Kunci,” ucap Bripka Nyamat, Rabu, (16/12/2020). Saat menyerahkan secara simbolis bibit pohon cemara kepada perwakilan pengelola Hanif Masadini.

Nampak sinergitas yang kuat antara Bhabinkamtibmas bersama warga saat kerja bakti menanam pohon cemara di bukit Kunci.

Bripka Nyamat menambahkan bahwa bantuan bibit pohon cemara akan dia lakukan secara berkelanjutan, sehingga bisa menjadi penyejuk serta tempat yang teguh bagi para pengunjung. “Dengan adanya pohon cemara diharapkan situasi bisa lebih teduh dan nyaman, seperti filosofi Polri yaitu sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Dan dengan adanya banyak pohon cemara semoga bisa menjadi pelindung dan peneduh para wisatawan nantinya,” lanjut Bripka Nyamat.

Untuk diketahui, saat ini di atas puncak bukit kunci telah di bangun taman taman yang indah dengan beraneka macam tanaman bunga dan sayuran.

Pengelola telah menyiapkan spot untuk berswafoto atau selfi dari atas puncak bukit kunci, bahkan ada sebuah menara yang dibangun mirip dengan menara eifel, dan penduduk setempat menyebutnya menara eifel bukit kunci.

Bagi pengunjung tak perlu khawatir jika haus ataupun lapar, karena diatas puncak Bukit Kunci ada beberapa warung warga yang menyediakan kuliner lokal khas daerah setempat.

Salah satu menu andalannya adalah rica rica khas Bangowan dan nasi jagung khas Blora dengan lauk sambel gereh dan menu makanan tradisional lainnya.

Wisata Bukit Kunci ramai dikunjungi saat liburan atau akhir pekan, untuk menuju ke wisata alam ini, pengunjung bisa menggunakan sarana transportasi kendaraan roda empat atau mobil pribadi. Namun tak jarang pengunjung yang datang dengan mengayuh sepeda ontel ataupun trabas alas menggunakan sepeda motor Trail.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit dari Alun Alun Kabupaten Blora untuk menuju bukit Kunci, dengan berkembangnya wisata ini bisa menambah geliat perekonomian warga sekitar.

“Alhamdulilah wisata Bukit Kunci ramai dikunjungi, baik pengunjung dari Blora maupun dari luar Blora,” kata Kepala Desa Bangoan Sudarto.

Kepala Desa mengapresiasi keaktifan Bhabinkamtibmas dalam pengembangan wisata bukit kunci, dimana setiap saat dibutuhkan Bhabinkamtibmas selalu ada dengan ide ide dan inofasi baru yang bisa memajukan wisata bukit kunci, “Bhabinkamtibmas sangat membantu sekali dalam pengembangan wisata Bukit Kunci, dan alhamdulilah seiring ramainya pengunjung yang datang bisa meningkatkan perekonomian warga, dimana warga bisa membuka usaha warung warung ataupun menjajakan kuliner khas dan buah lokal daerah desa Bangowan,” kata Kepala desa Bukit Kunci.

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi

News Feed