oleh

Menhub Akui Daya Saing Indonesia Kalah Dengan Malaysia Dan Singapura

bhinnekanusantara.id Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui jika negara Indonesia masih kalah bersaing dengan negara tetangga kecil yaitu Singapura dan Malaysia.

“Pak Presiden juga selalu mengingatkan tentang daya saing negara. Kita tertinggal dengan negara-negara kecil di sebelah kita; Singapura dan Malaysia. Padahal mereka itu bagian dari harga diri kita yang terjual,” tegas tegas Budi Karya.

Meskipun, Budi Karya mengungkapkan, berdasarkan preferensi lembaga internasional, jika negara Indonesia adalah negara ramah dan mudah untuk berinvestasi.

“Preferensi dari lembaga internasional, bahwa investasi yang mudah itu di Indonesia nomer satu, indek kompetitifles juga kita turun,” ungkapnya.

Budi Karya menjelaskan, negara kita daya saingnya akan tumbuh jika ada dua hal yang menunjang, selain investasi adalah tersedianya tenaga terdidik.

“(Negara) Kita kalau akan tumbuh, ada dua. Satu; bagaimana mendorong eksport, dua; bagaimana kita menarik investasi. Investasi akan mudah apabila negara memberikan ruang mudah dan baik kepada investor juga tersedianya tenaga-tenaga terdidik,” jelasnya

 

 

Sumber : RMOL Jateng

Editor : Gendhuk login by Polda Jateng