oleh

Merasa Bisa Berenang, ABG Demak Tewas Tenggelam di Embung Blerong

Demak – Seorang remaja dilaporkan tenggelam di Embung Blerong, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Selasa (23/8) pagi. Remaja bernama Muhamad Alvin (15) Warga Randualas, Desa Prampelan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak itu ditemukan meninggal dunia pada pukul 13.00 WIB.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengatakan kejadian itu bermula saat korban dan kelima temannya berenang di pinggir Embung Blerong.  Korban yang yang merasa bisa berenang kemudian menuju tengah embung. Nahas, kedalaman embung membuat dirinya tenggelam.

“Korabn itu tidak mengindahkan peringatan penjaga embung tidak berenang ke tengah,” katanya.

Heru mengatakan Embung Blerong saat ini sedang disiapkan sebagai tempat wisata sehingga belum memiliki pengamanan yang memadai.

Lima teman korban telah berusaha menyelamatkan, tetapi gagal. “Teman-temannya sudah berusaha meraih tangannya karena terlalu berat korban terlepas dan tenggelam,” kata Heru.

Satu tim rescue dari Pos SAR Jepara beserta peralatan air dikerahkan untuk melakukan evakuasi korban. Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi dengan metode selam manual.

“Tubuh korban bisa ditemukan di dasar embung,” ujarnya.

Heru menyebut Embung Blerong memiliki kedalaman lebih dari empat meter dengan luas mencapai 1.000 meter. Kendati begitu tak menyulitkan dalam proses evakuasi.

“Selanjutnya dievakuasi dan dibawa ke rumah duka,” kata Heru.