oleh

Nelayan Batang Kembali Menggelar Budaya Bahari Pesta Nyadran

Batang – Budaya Bahari Pesta Nyadran Nelayan Kabupaten Batang kembali digelar setelah 3 tahun tidak diselenggarakan, di Pelelangan Ikan (TPI) Klidang Lor, Senin (15/8/2022).

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki didampingi Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang Teguh Tarmujo melepas pesta nyadran tersebut.

Sejumlah personel Polres Batang diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan giat masyarakat itu. Pengamanan dipimpin langsung oleh Kabag Operasi Kompol Raharja.

Ketua DPC HNSI Batang Teguh Tarmujo mengatakan, kegiatan nyadran ini sebagai bentuk puji syukur kita kepada Allah yang telah memberikan rahmat dan rejeki kepada kita para nelayan yang sudah vakum selama 3 tahun karena Pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah saat ini sudah bisa dilaksanakan kembali acara yang sebetulnya sudah ada secara turun-temurun pesta nyadran ini,” ungkapnya.

Pesta Nyadran digelar di empat tempat yakni Pantai Celong, Roban Barat, Roban Timur, dan yang terakhir di Klidang Lor.

Kegiatan ini sebagai sarana untuk mempertahankan budaya yang sudah diwariskan para leluhur dengan membawa kepala kerbau yang dihanyutkan ke laut. Simbol kepala kerbau yang dibawa karena punya arti untuk membuang sikap kebodohan untuk dihanyutkan ke laut agar terbuang tidak tinggal dijiwa para nelayan.

“Tinggal timbal balik adanya keberkahan yang diberikan kepada para nelayan Kabupaten Batang dari prosesi hari ini,” terangnya.

Sementara itu, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi nelayan Kabupaten Batang yang harus tetap dipertahankan dan dilestarikan.

“Jika kita tidak melestarikan maka sejarah para leluhur kita akan hilang. Makanya tadi saya menyaksikan menaruh sesaji yang artinya rasa syukur dari para nelayan atas hasil tangkapan ikan selama ini,” jelasnya.

Bupati akan mendukung bagaimana para nelayan, baik pedagang, pengusaha, untuk bersama-sama dengan Pemerintah daerah untuk mengembangan dalam dunia perikanan, dan kami akan melayani dengan sebaik-baiknya tentu dengan potensi, kewenangan dan aturan yang ada.

Ia berharap, pesta nyadran pada tahun mendatang semakin semarak dan berharap para nelayan Kabupaten Batang sejahtera.