oleh

Nyatakan Ferdy Sambo Sebagai Tersangka Naikan Kepercayaan Publik Pada Polri

Jakarta – Kepercayaan publik terhadap Polri, memang sempat menurun dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J yang menyeret mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Namun langsung naik, setelah Ferdy Sambo ditetapkan tersangka.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menyebut memang ada perbedaan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri sebelum dan sesudah penetapan tersangka tersebut.

Jelas Burhanuddin, begitu Kapolri mengumumkan Ferdy Sambo menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J, berimbas pada meningkatnya tingkat kepercayaan publik. Bahkan kepercayaan publik terhadap Polri naik di atas 50 persen.

Hasil survei Indikator periode 11-17 Agustus 2022, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri berada di angka 54,4 persen.

“Efek kasus Sambo, tingkat kepercayaan publik memang ada penurunan. Namun, setelah ditetapkan sebagai tersangka, tingkat kepercayaan publik meningkat menjadi 54,4 persen,” kata Burhanuddin, dalam pemaparan hasil survei bertajuk Persepsi Publik terhadap Kasus Sambo: Antara Penegakan Hukum dan Harapan Warga, yang dilakukan secara virtual, Kamis 25 Agustus 2022.

Dalam survei yang dilakukan, ada sebanyak 1.229 responden. Sedangkan dalam wawancara dilakukan melalui sambungan telepon.

Indikator juga menyampaikan temuan lain, bahwa masyarakat cukup percaya kalau Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, akan melakukan pengusutan hingga tuntas kasus Brigadir J.

Jelas Burhanuddin, sebanyak 73 persen masyarakat mengetahui pernyataan Kapolri soal pengusutan tuntas kasus Ferdy Sambo yang menewaskan Brigadir J tersebut. Apalagi dilakukan secara objektif, transparan, dan bisa dipertanggungjawabkan.  Dari mereka yang mengetahui, mayoritas di antaranya percaya dengan pernyataan Kapolri.

“Sebanyak 65,7 persen masyarakat percaya dengan pernyataan Kapolri bahwa Kepolisian akan mengusut tuntas kasus Sambo dengan transparan, objektif dan bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Burhanuddin.

Dalam rapat dengar pendapat antara Komisi III DPR dengan Kapolri dan jajarannya pada Rabu kemarin 24 Agustus 2022, juga disoroti mengenai kepercayaan publik. Dimana sempat menurun.

Namun begitu Kapolri bergerak hingga penetapan tersangka pada Ferdy Sambo, kepercayaan publik naik drastis. Hampir seluruh anggota Komisi III DPR memberi apresiasi, terhadap kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dalam pengungkapan kasus tersebut.