Operasi Patuh Candi 2020, Polres Wonosobo Gelar Pasukan

 

bhinnekanusantara.id- Sejumlah anggota Polres Wonosobo mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka Operasi  Patuh Candi 2020 yang dilaksanakan di halaman Polres Wonosobo. Apel yang dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Juli 2020 tersebut diikuti kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari berbagai instansi samping seperti Dishub, Satpol PP maupun Kodim 0707 Wonosobo.

Dalam kesempatan ini Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto S.I.K., Msi menyampaikan arahan dari Kapolda Jawa tengah yaitu Operasi patuh candi 2020 akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini tak hanya menertibkan para pelanggar, tapi juga protokol kesehatan. Seperti diketahui, untuk pertama kalinya operasi patuh candi bakal digelar di tengah pandemi covld-19, yang mana akan digelar selama 14 hari, mulai dari tanggal 23 juli Sampai 5 agustus 2020 secara serentak diseluruh indonesia.

“Penertiban protokol kesehatan yang dilakukan polri bukan tanpa alasan. Sebab sejak masa adaptasi kebiasaan baru, sebagian masyarakat mulai menjalankan kembali aktivitasnya seperti sedia kala. Kondisi ini membuat Lalu lintas kembali dipadati kendaraan umum dan pribadi”. Pungkasnya

Operasi patuh kali ini lebih mengedepankan tindakan preemtif 40%, kemudian preventif 40% dan penegakan hukum 20% dimana petugas mengutamakan pencegahan dan edukasi lebih dahulu. Selebihnya berupa teguran, sosialisasi, dan ajakan untuk menaati aturan lalu lintas, menggunakan masker bagi yang masih membandel, phisical distancing, juga memakai sarung tangan, saat berkendara motor.

sumber : Humas Polres Wonosobo

editor : Laela