Operasi Zebra Candi  2020 Dimulai Hari Ini, Polres Banjarnegara Fokus Pada Tindakan Preemtif, Preventif Ketimbang Represif

Bhinnekanusanttara.id, Banjarnegara – Polres Banjarnegara hari ini (26/10/20) mulai menggelar operasi zebra candi 2020, prioritas penindakan dalam operasi yang akan berlangsung hingga 8 November mendatang lebih pada preemtif atau sifatnya edukasi, preventif atau pencegahan yang dilaksanakan seperti kegiatan rutin Satlantas dan tindakan represif penindakan dengan tilang.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si melalui Kasatlantas AKP Erwin Chan Siregar, SH, SIK, MH mengatakan, ruh operasi kali ini yakni proses percepatan penanganan covid 19, memberikan sosialisasi dan pendidikan soal lalu lintas dan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya melaksanakan protokol kesehatan.

“40 persen preemtif atau sifatnya edukasi, binluh, sosialisasi, 40 persen preventif atau pencegahan yang dilaksanakan seperti kegiatan rutin Satlantas yaitu pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli dan 20 persen represif penindakan dengan tilang, ketika masyarakat sudah diberikan teguran tapi masih ada pelanggaran lalulintas kasat mata, ya kita laksanakan tilang,” katanya.

Kasatlantas menjelaskan, jenis pelanggaran kasat mata yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan yang akan ditindak yakni pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, terobos Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL), melanggar garis marka, berkendara dibawah umur, kecepatan, dan pelanggaran rambu-rambu.

“Sedangkan kendaraan roda empat, pelanggaran sabuk, kecepatan, marka, konsumi miras, dibawah umur dan muatan berlebihan, parkir dibahu jalan, kendaraan tidak standar, kendaraan bak terbuka yang muat berlebihan baik over load maupun over dimensi, jelasnya.

Lanjut Kasatlantas, petugas akan melaksanakan operasi di daerah rawan macet, rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran lalu lintas.

“45 personel Polres dari berbagai fungsi, juga mendapatkan dukungan dari stakeholder lain, Kodim 0704 Banjarnegara, Dinhub, Satpol PP, Dinkes, BPBD dan tim kesehatan Sarsipol,” ujarnya.

AKP Erwin Chan Siregar berharap, adanya operasi ini masyarakat akan tertib mematuhi peraturan lalu lintas  dan protokol kesehatan.

“Masyarakat sadar akan pentingnya keselamatan berkendara”, harapnya.

Kasatlantas menghimbau, masyarakat Banjarnegara agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga keselamatan bersama.

“Banjarnegara bersama kita bisa tertib berlalu lintas,” pungkasnya.