oleh

Ops Aman Nusa 2022, Polres Semarang telah berikan pendampingan vaksin terhadap 2005 Ekor Sapi.

Humas Polres Semarang_Pencegahan terhadap penyebaran PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) di Kab. Semarang terus di lakukan Polres Semarang berkerjasama dengan TNI dan Pemerintah Kab. Semarang.

Hal ini tercatat dalam laporan Ops Aman Nusa 2022 yang dilaksanakan serentak Se Indonesia mulai tanggal 4 Juli 2022- 2 Agustus 2022 dengan sasaran pencegahan dan penanganan Penyakit PMK pada hewan ternak.

“Hingga hari ini terangkum sudah ada sekitar 2005 hewan ternak yang dilakukan Vaksin oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Semarang, serta selama kegiatan Vaksin ini kami dari Polres Semarang ikut mendampingi bersama jajaran TNI dan Pemerintah Kab. Semarang.” Ujar Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika H A, SIK, MH., saat memimpin anev internal Ops Aman Nusa 2022 Polres Semarang Senin 18 Juli 2022.

Kegiatan Vaksin di tiap Desa/Kelurahan melibatkan langsung Bhabinkamtibmas jajaran, yang dimana pada Desa/Kelurahan binaan Bhabinkamtimas terdapat Peternak sapi maupun kambing.

Perlu diketahui ada beberapa satgas yang dibentuk dalam Ops Aman Nusa kali ini, diantaranya Satgas Pencegahan yang berisi Subsatgas Intelejen, Binmas, Sabara dan Lalu lintas. Selanjutnya Satgas Penanganan yang berisi Satgas Vaksinasi dan penyemprotan Disinfectan, dan yang terakhir Satgas BanOps yang meliputi Humas, Logistik, Dokkes dan TIK.

Kapolres menambahkan akan terus berupaya dalam pencegahan wabah PMK pada hewan ter nak tersebut.

“Kami akan gunakan metode hampir sama seperti saat pencegahan dan penanganan dimana angka Covid 19 meningkat tajam.” Tutup Kapolres