oleh

Panglima TNI Tegaskan Siap Bantu Bawaslu

bhinnekanusantara.id Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mendukung dan membantu Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu) dalam mengawal dan mengamankan Pemilu Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019. Sesuai Undang-undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab TNI dalam menjaga keselamatan bangsa dan negara.

“Sebagai Panglima TNI, saya mempunyai kewajiban mengamankan Pemilu Pilpres dan Pileg tahun 2019. TNI selalu siap membantu, kalau itu untuk kepentingan dan keselamatan bangsa,” kata Marsekal Hadi Tjahjanto, di Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Hadi menjelaskan, TNI komitmen dan menjunjung tinggi netralitas. Hal itu tidak bisa ditawar-tawar lagi karena netralitas TNI adalah harga mati.

Pada Rabu (6/3/2019) lalu, komisioner Bawaslu melakukan audiensi dengan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Rombongan audiensi Bawaslu dipimpin Ketua Abhan, Fritz Edward Siregar (anggota), Labyoni (Kepala Biro Teknis Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu) dan Ali Imron (Kasubag Kerja Sama Antar Lembaga).

Pada kesempatan itu, Bawaslu menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI atas komitmen TNI yang menjunjung tinggi netralitas. Bawaslu akan banyak berkoordinasi dengan aparat TNI, khususnya yang berada di wilayah-wilayah rawan dan terpencil serta sulit terjangkau seperti Papua.

“Bawaslu sangat membutuhkan dukungan bantuan transportasi. Termasuk pengamanan dan keamanan dalam menghadapi berbagai dinamika dan situasi pelaksanaan Pemilu Pilpres dan Pileg tahun 2019,” kata Abhan.

 

 

Sumber : Berita Satu

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng