Pantau Arus Mudik, Polda Jateng Pasang 75 CCTV di Tol Batang-Semarang

bhinnekanusantara.id Polda Jateng memasang 75 Kamera Closed Circuit Television (CCTV) di sepanjang jalan tol Batang-Semarang. Kamera tersembunyi ini akan digunakan untuk mematau lalu lintas saat arus mudik 2019.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, seluruh kamera CCTV akan mulai aktif sejak 26 Mei 2019. Sebelumnya, pada 24 Mei Polda akan melakukan simulasi pemantauan lalu lintas melalui CCTV ini.

“Pemasangan kamera CCTV ini, selain untuk memantau lalu lintas juga untuk meningkatkan pengamanan selama arus mudik  dan meningkatkan respons kepolisian terhadap kejadian selama arus mudik,” kata Kapolda, Rabu (15/5/2019).
Selain memasang kamera CCTV, Polda juga menempatkan anggota di tiap jalur yang akan digunakan untuk arus mudik. Anggota dari Mabes Polri dan Mapolda Jateng akan melakukan pengamanan di jalan tol, sedangkan anggota dari Polres ditempatkan di jalur pantura dan jalur perkotaan dengan berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

Sejumlah titik rawan kemacetan di jalur pantura, khususnya di pasar tumpah juga akan dilakukan antisipasi. Seperti di Pasar Cepiring, Kendal, Kapolda meminta kepada Polres Kendal Polda Jateng untuk melakukan kanalisasi.”Kanalisasi dilakukan dengan membentuk sistem pengaturan lalu lintas agar arus lalu lintas menjadi maksimal,” ujar Kapolda.

Di Kabupaten Kendal, ada tiga titik pasar tumpah yakni Pasar Weleri, Pasar Cepiring, dan Pasar Kaliwungu. Untuk Pasar Weleri dan Pasar Kaliwungu dapat diantisipasi dengan memaksimalkan jalan lingkar. Selain pasar tumpah, pintu keluar tol yakni di Weleri dan Kaliwungu juga menjadi titik kemacetan.

 

 

 

Sumber:  Sindonews Jateng

Editor : Kiss login by Polda Jateng

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.