oleh

Paralegal Training. LPP DHARMAPUTRA GELAR PELATIHAN PARALEGAL

bhinnekanusantara.id Bertempat di Gedung Pelatihan Jl. Ki Sarino Mangunpranoto No. 8 Bandarjo, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Dharmaputra menggelar Pelatihan Paralegal dengan menggandeng LSM Bina Bangsa Indonesia (BBI), yang diawali pada 10 Februari 2019 lalu.

Dengan penyampaian materi MANAJEMEN HUKUM PROGRAM LEGAL OFFICER-PARALEGAL, diharapkan usai mengikuti kelas Paralegal Manajemen Hukum, peserta pelatihan dapat mengaplikasikan di lapangan untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat umum, dalam hal penanganan hukum.
“Hal itu bisa dilakukan secara mandiri atau berdiri sendiri maupun dengan menggunakan lembaga hukum. Namun idealnya bekerja secara tim dan menggunakan lembaga hukum,” terang DR. Eddy Sutarto, SIP, SH, M.Hum, CLA pemateri pelatihan paralegal dan manajemen hukum, yang juga pemilik LPP Dharmaputra.

Secara umum, disampaikan oleh Dosen Hukum di beberapa Universitas terkemuka ini, materi yang disampaikan merupakan materi tingkat dasar dan tingkat lanjutan. Dengan matrik kurikulum keparalegala, penanganan pengaduan, komunikasi dan konsep surat umum untuk tingkat dasar. Sedang untuk tingkat lanjutan meliputi pendampingan tingkat penyidikan, pendampingan proses pemeriksaan persidangan, aisten legal auditor hingga persidangan di pengadilan pajak.
“Pengadilan Pajak berbeda dengan pengadilan pada umumnya. Seperti Pengadilan TUN, Pengadilan Agama maupun di Pengadilan Negeri. Sebab pengadilan pajak memiliki kekhususan prosesnya,” jelas konsultan pajak itu.

Sementara, Pelatihan Paralegal dan Manajemen Hukum dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, serta dimulai dari Jam 08.00 pagi hingga jam 14.30 siang pada awalnya. Namun semakin lama, pelatihan hanya berakhir hingga jam 12.30.

Sedangkan pesertanya, selain dari LSM BBI, juga berasal dari mahasiswa jurusan hukum, Lembaga Pos Bantuan Hukum dan Lembaga advokat dan konsultan bantuan hukum swasta. Dari Semarang dan sekitarnya serta ada pula yang dari Jakarta.

Sumber : Akurat

Editor  : Absa, bhinnekanusantara.id