Pascaledakan Bom Medan, Penjagaan Polres Balikpapan Diperketat

bhinnekanusantara.id – Usai tragedi bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatra Utara, penjagaan di Polres Balikpapan diperketat, Rabu (13/11).

Tak seperti biasanya, hari ini satu ragu dikerahkan. Tampak enam personel kepolisian bersenjata lengkap berjaga-jaga di pos masuk.

Kapolres Balikpapan, Ajun Komisaris Besar Pol Wiwin Firta, melalui Kabag Ops Polres Balikpapan, Komisaris Elvis Irwan, mengakui pihaknya memaksimalkan penjagaan.

“Namun, sebelum ada kejadian (bom Medan), kita sudah melakukan standar operasional prosedur terhadap penjagaan ini,” sambung Elvis.

Untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pemeriksaan kini dilakukan lebih ketat lagi.

“Semua yang masuk wajib kita periksa, tidak ada pengecualian, tidak ada perbedaan semua diperiksa, siapa pun yang akan masuk,” tegasnya.

Setiap pengunjung atau masyarakat yang akan masuk ke Polres Balikpapan, sejak pagi tadi harus melewati pemeriksaan yang ketat. Bahkan, setiap bawaan juga diperiksa lebih detail. Begitu kendaraan roda dua dan roda empat masuk, petugas dengan sigap dan teliti memeriksa.

Elvis mengungkapkan, pengamanan di Polres Balikpapan diperketat karena instruksi dari Mabes Polri agar terhindar dari aksi terorisme.

“Karena belakangan kantor polisi sering menjadi target aksi terorisme. Untuk itu pemeriksaan kita lakukan mulai dari pagi hingga malam, semua yang masuk diperiksa sesuai SOP,” jelasnya.

Pemeriksaan tersebut meliputi kejelasan identitas pengunjung, pemeriksaan barang bawaan, pemeriksaan isi kendaraan, hingga soal keperluan atau tujuan berkunjung di Polres Balikpapan.

“Sesuai arahan dari komandan kita wajib lakukan pemeriksaan setiap pengunjung,” ujar salah satu petugas penjaga sambil menenteng senjata laras panjang.

Sejumlah pengunjung mengaku biasa saja saat petugas melakukan pemeriksaan ketat.

“Tidak apa-apa diperiksa ketat begini, soalnya kan ini juga baik bagi keamanan semua,” ujar Budi, salah satu warga yang berkunjung ke Polres Balikpapan.

 

sumber : mediaindonesia

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi