Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Satbinmas Polres Blora Blusukan Pasar Sido Makmur

Untuk memastikan penerapan disiplin protokol kesehatan di Pasar Rakyat Sido Makmur Kabupaten Blora, Polres Blora Polda Jawa Tengah melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) melakukan sambang dan pemantauan. Kegiatan tersebut adalah implementasi dari Inpres No 06 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Covid – 19.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Iptu Sudarto bersama satu regu anggotanya. Kasat Binmas mengungkapkan bahwa kegiatan blusukan pasar ini dilakukan untuk mendisiplinkan pengunjung pasar agar menerapkan protokol kesehatan baik penjual maupun pembeli. “Kita ajak warga dipasar untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, jangan sampai pasar menjadi kluster penyebaran Covid – 19, ucap Iptu Sudarto.

Perwira Polisi yang hobi olahraga sepeda ini menambahkan jika masyarakat bisa disiplin dalam protokol kesehatan maka dapat mencegah penularan Covid -19,

“Setidaknya kita sudah berusaha maksimal untuk mencegah penyebaran Covid – 19, sesuai dengan Inpres No 06 Tahun 2020 untuk itulah kita gencar edukasi dan sosialisasi,” cerita Iptu Sudarto.

Dalam kegiatan tersebut petugas kepolisian menggunakan mega phone blusukan dari los ke los mengimbau masyarakat menerapkan 3 M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak serta memakai masker saat keluar rumah.

“Jika ada warga yang tidak memakai masker kita berikan teguran keras, dan kita berikan masker gratis untuk dipakai, harapannya agar besok tidak diulangi lagi,” tandas Iptu Sudarto.

Sementara itu, Siti salah satu penjual konveksi dipasar tersebut mengaku senang dengan kehadiran petugas polisi dipasar, pihaknya merasa aman dan lebih tenang, “Dengan kehadiran polisi kami lebih tenang, dan sebagian pengunjung warga telah sadar protokol kesehatan, jikapun ada yang tidak pakai masker itupun hanya sebagian kecil,” tutur Siti.