Pastikan Persiapan Pemilu, Kapolda Jabar Datangi Gudang KPU Kabupaten Bogor

Bogor – Jumlah pemilih yang mencapai 3.467.603 dengan jumlah TPS 14.952, membuat wilayah Kabupaten Bogor mendapat perhatian lebih dari Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto. Pada Rabu, 6 Maret 2019, Kapolda meninjau langsung gudang penyimpanan logistik pemilu di kawasan pergudangan 3M di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kedatangan Kapolda disertai dengan rombongan besar yang mencakup Wakapolda Jabar, Dir Intelkam Polda Jabar, Ketua KPU Provinsi Jabar, Kapolres Bogor, Ketua Komisioner KPU Kabupaten Bogor, Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, dan pejabat lainnya.

Di sela kunjungan ke gudang KPU Kabupaten Bogor tersebut, Kapolda Agung Budi Maryoto menjelaskan bahwa kunjungannya terkait adanya MoU antara Polda, KPU dan Bawaslu Jawa Barat. “Pertama tentu dalam konteks kunjungan saya sudah ada MOU antara Kepala Kepolisian dengan KPU dan Bawaslu untuk bersinergi. Oleh karena itu perlu dipastikan sejauh mana kesiapan menjelang pelaksanaan pemilu 17 April mendatang,” kata Kapolda.

Pihaknya ingin memastikan sejauh mana tahapan tahapan persiapan pelaksanaan pemilu, baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dilaksanakan secara baik dan sesuai agenda yang ditetapkan oleh KPU Jawa Barat. Sehingga dengan melakukan pemantauan langsung ke lapangan bisa mengetahui kondisi sebenarnya.

Kapolda memberikan contoh tentang adanya kotak suara di Cirebon yang terkena banjir. Hal semacam ini harus diantisipasi sehingga pada pelaksanaan pemilihan nanti tidak ada gangguan. “Jadi kami selalu berkoordinasi secara intens dengan KPU dan Bawaslu sehingga mengetahui perkembangan pelaksanaan tahapan pemilihan yang dilakukan,” kata Kapolda.

Yang kedua, kata Kapolda, anggota kepolisian yang bertugas membantu harus dipastikan bisa bekerja dengan benar. “Saya hadir di sini untuk melihat langsung dan mendapatkan  informasi secara teknis pekerjaan yang dilaksanakan oleh teman-teman KPU. Saya hanya memastikan bahwa jadwal sudah berjalan dan memastikan pekerjaan sedang berjalan termasuk anggota saya bekerja atau tidak. Jadi yang kami harapkan, sampai dengan pendistribusian di TPS harus dikawal betul sehingga bisa diyakinkan Pemilu itu Luber (langsung, umum, bebas dan rahasia),” ujar Agung Budi Maryoto.

Dalam kunjungan ke gudang KPU, Kapolda mengecek langsung tentang surat suara, kotak suara dan pelipatan surat suara. Kemudian pihak KPUD Kabupaten Bogor juga memberikan penjelasan tentang tahapan dan persiapan yang dilakukan.

Data yang diperoleh Pikiran Rakyat, jumlah pemilih di Kabupaten Bogor mencapai 3.467.603. Terdiri dari pemilih laki laki 1.774.938.orang dan perempuan 1.692.665 orang.

Untuk pemilihan legislatif tingkat DPRD Kabupaten Bogor, diperebutkan sebanyak 55 kursi dari 6 daerah pemilihan (dapil). Sementara jumlah DCT anggota DPRD Kabupaten Bogor sebanyak 745 orang, yakni 477 laki laki dan 268 perempuan.

 

 

Sumber : PikiranRakyat

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng