PDHI Nyatakan Daging Kurban Polres Salatiga Layak Konsumsi

Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) menerjunkan sejumlah anggotanya untuk melakukan pengecekan terhadap hewan kurban guna memastikan hewan kurban yang disembelih layak dikonsumsi oleh masyarakat.

drh FDH Priyono Teguh Widyatmoko SH Tim PDHI Jateng I untuk wilayah Kota Salatiga menyatakan bahwa dari pemeriksaan secara teliti untuk hewan kurban yang disembelih di Polres Salatiga dinyatakan sehat dan layak konsumsi, dengan post mortem terhadap hewan kurban setelah memeriksa isi rongga perut dan isi rongga dada baik hati, limpa, jantung dan organ dalam guna memastikan tidak ada cacing hati maupun penyakit lainnya, setelah sebelumnya juga telah dilaksanakan pemeriksan ante mortem (pemeriksaan luar) oleh pihaknya, menyakini bahwa daging hewan kurban di Polres Salatiga sehat, jelasnya pada Minggu 11/08/2019.

AKBP drh. FDH Priyono Teguh Widyatmoko yang juga menjabat Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Jateng juga menyatakan bahwa pemeriksaan terhadap hewan kurban selain memastikan bahwa daging layak konsumsi juga guna mencegah adanya penyakit menular pada hewan, seperti anthrax maupun jenis penyakit lainnya, sehingga masyarakat juga aman dan nyaman saat mengkonsumsi daging kurban, tambahnya.

Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi ditemui secara terpisah menyampaikan bahwa Polres Salatiga pada Idul Adha 1440 H Tahun 2019 ini menyembelih 4 ekor sapi dan 7 ekor kambing, Alhamdulillah semuanya dalam kondisi sehat dan layak dikonsumsi oleh masyarakat, nantinya untuk daging hewan kurban akan dibagikan kepada masyarakat dan sejumlah pondok pesantren, jelas Kapolres.

(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)