Peduli Lingkungan, KKN Unnes Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Sampah Melalui Program “Trash Talk”

bhinnekanusantara.id – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lokasi IIB Universitas Negeri Semarang tahun 2019 tingkatkan kesadaran masyarakat Desa Kademangaran, Kec. Dukuhturi, Kab. Tegal mengenai pengelolaan sampah melalui Program “Trash Talk” Pada Minggu (27/10/19).

Berdasarkan data pemerintah Kota Tegal tahun 2018 timbunan sampah per hari mencapai 200 ton yang berasal dari pemukiman pasar modern dan pasar tradisional. Komposisi sampah terdiri dari sampah organik sebesar 80% dan sampah an-organik 20% serta untuk setiap tahunnya timbunan sampah an-organik terus mengalami peningkatan. Banyaknya sanitasi yang dipenuhi dengan sampah an-organik dan ketika musim hujan terjadi banjir.

“Desa Kademangaran sebenarnya sudah terdapat Bank Sampah, akan tetapi dalam praktiknya masih belum berjalan secara maksimal dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah masih kurang.” jelas Dhani, Kormades KKN Desa Kademangaran.

“Dari beberapa permasalahan tersebut Tim KKN UNNES memberikan solusi melalui serangkaian kegiatan Trash Talk.” lanjut Dhani

Trash Talk merupakan kegiatan sosialisasi daur ulang sampah yang ditujukan kepada seluruh masyarakat desa Kademangaran. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai sampah, terutama mengenai sampah an-organik yang membutuhkan  jangka waktu lama untuk terurai. Dengan adanya kegiatan sosialisasi daur ulang sampah, masyarakat menjadi lebih mengetahui tata cara pengelolaan sampah, mampu memilah antara sampah organik dan an-organik, meningkatkan motivasi dan kreativitas masyarakat di dalam pengelolaan sampah seperti membuat tempat sampah dan kerajinan tangan dari botol plastik bekas.

 

editor : dealova @polda jateng
#agussaibumi