oleh

Pembobol ATM Lintas Kota Diringkus di Pemalang

PEMALANG – Dua orang komplotan spesialis pembobol kartu ATM lintas kota berhasil diringkus Satreskrim Polsek Bantarbolang usai melancarkan aksinya di sebuah Toko di Desa Pegiringan, Kecamatan Bantarbolang, Pemalang.

Keduanya tersangka itu adalah PR (45) warga Sragen, Jawa Tengah dan SA (50) warga Karanganyar, Jawa Tengah.

Kapolsek Bantarbolang AKP Wahyudi Wibowo Senin (25/7/2022) menyampaikan, modus kedua tersangka itu dengan mendatangi agen BRI link di toko Isha Buah milik Holil di Desa Pegiringan, Bantarbolang.

“Lalu meminta untuk mentransfer sejumlah uang kepada penjaga toko, salah satu pelaku merekam pin ATM sedangkan pelaku lainnya bertugas mengganti kartu ATM milik pemilik toko dengan kartu ATM milik pelaku yang telah disiapkan sebelumnya,”ungkap Kapolsek dalam siaran persnya.

Setelah berhasil, kata Wahyudi, tersangka pergi dan menguras isi ATM korban di lokasi lain. Atas kejadian itu korban mengalami kerugian mencapai Rp 25 juta.

“Dari tangan tersangka diamankan sejumlah barang bukti berupa mobil jenis Honda CRV yang digunakan melakukan kejahatan, kartu ATM, rekening koran BRI, handphone, dan struk bukti transfer,”ujarnya.

Lanjutnya, tersangka ditangkap setelah polisi melakukan serangkaian penyelidikan melalui kamera pengawas di lokasi kejadian.

“Kami mendapat info pada tanggal 19 Juli lalu, mobil pelaku di salah warung makan di depan Masjid Agung Bantarbolang. Lalu kita terjunkan unit reskrim untuk melakukan penangkapan,” ujar Kapolsek.

Dari hasil pemeriksaan kepada kedua tersangka. Keduanya sudah terbiasa melakukan kejahatan dengan modus yang serupa di berbagai kota yakni, wilayah Cilacap, Pangandaran, Cirebon, Garut, Banjarnegara, dan Purbalingga.