oleh

Pemerintah Diprotes, PM Peru Mengundurkan Diri

bhinnekanusantara.id – Perdana Menteri Peru Cesar Villanueva telah resmi mengundurkan diri. Pada Jumat (8/3), pemerintah menyatakan hal itu di tengah seruan protes kepada Presiden Martin Vizcarra.

Villanueva menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Vizcarra. Kantor presiden membenarkan laporan media sebelumnya pada Jumat. Pernyataan itu tidak mengatakan pengunduran diri itu bisa diterima. Tetapi disebutkan, Vizcarra berterima kasih kepada Villanueva atas jasanya.

Perdana menteri baru belum dipilih tetapi dua sumber pemerintah yang meminta tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa Menteri Kehakiman Vicente Zeballos sedang dipertimbangkan untuk menggantikan Villanueva.

Vizcarra kemungkinan akan membuat beberapa perubahan kabinet untuk memperbaiki timnya dan menopang dukungan yang terus merosot.

Survei Datum Internacional yang diterbitkan di harian lokalĀ Peru 21pada Kamis (7/3) mendapati bahwa peringkat dukungan Vizcarra turun tujuh poin persentase dari Februari menjadi 56 persen.

Presiden di Peru sering merombak kabinet ketika peringkat persetujuan mereka jatuh, meskipun semua presiden baru-baru ini telah mengakhiri masa jabatannya secara tidak populer.

Peringkat dukungan Vizcarra naik ke level tertinggi 66 % pada Januari setelah ia melawan Kongres yang dikuasai oposisi. Dia mendorong langkah-langkah yang bertujuan memerangi korupsi dan dengan mudah lolos dalam referendum nasional pada Desember.

 

 

Sumber : Berita Satu

Editor : Aishwarya IMM Polda Jateng