oleh

Pemilu 2019, Cak Imin Pasang Target PKB Peringkat 2 di Jateng

bhinnekanusantara.id – Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar masih menargetkan partainya menduduki peringkat ke-2 dalam perolehan suara pada Pemilu 2019 tingkat Jawa Tengah. Target ini dinilai realistis mengingat Jawa Tengah masih didominasi oleh PDI Perjuangan ( PDI-P).
Hal itu dikatakan Cak Imin-panggilan akrab Muhaimin Iskandar-kepada wartawan usai menghadiri Apel Pemenangan PKB Pemilu 2019, DPW PKB Jawa Tengah, di Hotel Atria, Kota Magelang, Senin (12/3/2019) petang.

Cak Imin mengakui partai berlambang kepala banteng moncong putih itu masih terkuat di Jawa Tengah. “Di Jawa Tengah ya kita realistis, PDIP terlalu kuat disini. Saya heran PDI-P kok bisa kuat di Jawa Tengah. Kalau kita nggak bisa ngejar PDI-P, ya juara kedualah,” ujarnya.

Cak Imin pun menyatakan dukungan serta mengajak masyarakat terutama dari kalangan Nahdatul Ulama (NU) untuk memilih calon Presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf.
“Ya target kita minimalnya nomor dua, tetap bertahan seperti tahun 2014. Bertahan, juara kedua seperti tahun 2014. Sehingga tagline kita menangkan Jokowi, menangkan PKB. Pilih Jokowi, pilih PKB, pilih nomor satu, coblos nomor satu,” katanya.
“Kalau Anda suka ke kuburan ziarah, kalau Anda pakai kerudung, kalau ada suka sholawatan, kalau Anda suka tahlilan, nggak ada pilihan kecuali pilih PKB. Kok ada orang kerudungan, suka tahlilan, nggak pilih PKB berarti salah alamat,” lanjut Cak Imin.
Ketua DPW PKB Jawa Tengah, Muhammad Yusuf Chudlori, menambahkan bahwa PKB menargetkan 20 kursi dari sebelumnya 13 kursi di DPRD Jawa Tengah.

Target tersebut ini sesuai dengan penambahan daerah pemilihan (dapil) dan penambahan kursi dari 100 kursi menjadi 120 kursi.

“PKB menargetkan 20 kursi karena ada penambahan dari 100 kursi ke 120 kursi. Lha, PKB kita nargetnya 20 kursi, kemarin 13,” kata pria yang karib disapa Gus Yusuf itu.
Menurutnya, target tersebut realistis dengan tetap mempertahankan rangking kedua Jawa Tengah seperti pada Pemilu 2014 lalu. Salah satu usahanya adalah dengan konsolidasi struktur maupun kultur.
“Kiat-kiatnya dengan konsolidasi struktur maupun kultur yang tadi saya sampaikan dengan kekuatan pesantren, kekuatan NU, kekuatan perempuan, kita konsolidasikan,” tegas Gus Yusuf.
Pengasuh Pondok Pesantren API Tegalrejo Kabupaten Magelang itu menyebut sejumlah daerah di wilayahnya sejauh ini masih menjadi basis PKB, antara lain Pekalongan, Tegal, Brebes, Magelang, Wonosobo, Demak, dan Kudus.
Tidak hanya itu, pihaknya juga mengumpulkan seluruh caleg baik DPRD Kabupaten/Kota maupun DPR RI serta jajaran pengurus DPC PKB se-Jawa Tengah dalam Apel Pemenangan PKB pada Pemilu 2019.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyematan rompi PKB secara simbolis kepada 13 orang kader yang nantinya menjadi saksi dalam proses pemungutan suara.

 

Sumber : Kompas

Editor : Gendhuk login by Polda Jateng