oleh

Pemuda Bulak Rejo Sragen Ubah Sampah Jadi Berkah

bhinnekanusantara.id – Sampah selalu identik dengan barang bekas yang tidak ternilai, anggapan itu berbeda dengan Pemuda Desa Bulak Rejo Kelurahan Tangkil KecamatanSragenKota yang mengubahnya menjadi uang.

Penggerak Bank Sampah di Desa Bulak Rejo Sekty Sejati (26) mengatakan pengumpulan barang bekas di desanya sudah berjalan lima tahun.

“Kira-kira 2014 kita memulai bank sampah ini, Alhamdulillah sampai sekarang terus berjalan,” ujarnya

Dia menyampaikan idenya sempat tidak digubris selama dua tahun. Setelah dilakukan rapat dengan beberapa tokoh desa, akhirnya ide bank sampah pun direalisasikan.

“Awalnya saya melakukan pengambilan barang bekas sendiri dan saya jual sendiri, waktu temen-temen tau hasilnya lumayan akhirnya pada ikut,” terangnya.

Pemuda Desa Bulak Rejo beramai-ramai berjalan kaki berkeliling Desa untuk mengambil barang-barang bekas milik warga untuk ditimbang.

“Ini kita muter di dua RW rumah ke rumah untuk ngambil barang bekas, setelah ditimbang warga bisa mengambil uangnya langsung bisa juga ditabung,” jelasnya.

Sekty menjelaskan setelah seluruh desa diambil barang bekasnya dan ditimbang, barang bekas tersebut diangkut menggunakan mobil untuk dipilah-pilah kembali.

“Ini yang menjadi kekurangan kita, kita belum memiliki gerobak yang besar untuk membawa sekaligus saat ditimbang tadi, jadi kita harus kerja dua kali” terangnya.

Hanya ada satu gerobak berukuran sedang bantuan dari Perangkat Desa Tangkil yang tidak dapat mengangkut seluruh barang bekas warga yang terkumpul.

Dimin, salah seorang warga yang menjual barang bekasnya mengatakan senang dengan gerakan pemuda-pemuda di desanya.

Ketua Karang Taruna Desa Bulak Rejo Suyono mengatakan setiap Sabtu malam di minggu pertama di setiap bulannya pemuda Desa Bulak Rejo selalu melakukan rapat perihal bank sampah yang akan dilaksanakan keesokan harinya.

“Pemuda disini kompak, semua yang sudah dirapatkan terselenggara dengan baik, semua ikut serta,” jelasnya.

 

 

Sumber : Tribun Jateng

Editor : Aishwarya login by Polda Jateng