Pengamat: Posisi UAS Bisa Beri Dampak Elektoral

JAKARTA – Pengamat Komunikasi Politik dari Indopolling Network Wempy Hadir menyebut, tak bisa dipungkiri jika keberadaan Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam salah satu kubu capres mampu memberi dampak elektoral.

Pasalnya, UAS memiliki banyak pengikut yang bisa saja menambah dukungan bagi salah satu pasangan kandidat yang akan bertarung dalam pilpres 2019.

“Namun tinggal kita melihat sejauh mana pengaruh UAS terhadap peta elektabilitas capres dan cawapres yang ada,” kata Wempy kepada TIMES Indonesia, Kamis (7/3/2019) malam.

Meski berpotensi memberikan dampak elektoral, Wempy menilai jika semuanya juga bergantung pada pemahaman seperti apa dan bagaimana yang diberikan UAS kepada pengikutnya.

“Tentu ada pemilih yang bisa mengikuti apa yang menjadi kehendak politik UAS. Di sisi lain tidak menutup kemungkinan ada juga mempunyai independensi dalam menentukan pilihan politik, walaupun mereka tetap menjadi pengikut UAS,” jelas Wempy.

Kendati demikian, hingga saat ini UAS tak menunjukkan sikap keberpihakannya pada salah satu pasangan calon.

Bahkan baru-baru ini juga beredar sebuah video yang viral di media sosial. Dalam video tersebut UAS mengatakan tak akan berceramah dalam acara yang mengundang capres dan cawapres dengan alasan menjaga netralitas.

 

 

Sumber : Times Indonesia

Editor : Aishwarya login by Polda Jateng