oleh

Penipu Mengaku Mantan Wali Kota dan Lurah “Gentayangan” di Salatiga

SALATIGA – Penipuan berkedok pejabat kembali terjadi di Kota Salatiga. Beberapa warga mendapat pesan melalui WhatsApp oleh penipu yang mengaku sebagai mantan wali kota Salatiga, Yuliyanto. Yuliyanto mengungkapkan penipu tersebut menggunakan nomor 082128581577.

“Penipu tersebut mengaku sebagai saya dan menyampaikan sedang menggalang dana untuk berbagai yayasan TPQ dan pondok pesantren,” jelasnya, Jumat (16/9/2022).

Menurut Yuliyanto, penipu yang mengaku sebagai dirinya tersebut masih menyatakan Yuliyanto sebagai Wali Kota Salatiga.

“Saya tegaskan, saya tidak pernah melakukan penggalangan dana. Saya juga sudah purna sebagai Wali Kota Salatiga pada 22 Mei 2022,” ungkapnya.

Lurah Kumpulrejo Eska Bayu Sukmawan menambahkan dirinya juga dicatut oleh penipu. “Pelaku langsung menghubungi salah seorang warga dengan mengatasnamakan saya. Karena terperdaya, dia tertipu Rp 1,6 juta,” ungkapnya.

Warga tersebut, percaya karena penipu mengaku sebagai dirinya. “Korban tertipu pembelian pulsa dan sembako,” kata Bayu. Menurut Bayu, selain mencatut dirinya, penipu juga mengaku sebagai Lurah Kutowinangun Kidul, Titin Eka Novia.

“Saya minta masyarakat selalu waspada dan melakukan croscek, jangan sungkan bertanya dan konfirmasi langsung. Ini sebagai antisipasi agar tidak menjadi korban penipuan,” ungkapnya.