Pentingnya Sosialisasi Parenting untuk Masyarakat Pedesaan

bhinnekanusantara.id Kelompok Mahasiswa KKN Lokasi Tahap IIB Universitas Negeri Semarang Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang mengadakan sosialisasi parenting dan pola asuh anak  pada  Sabtu (26/10/19). Kegiatan yang bertempat di Balai Desa Gombong ini dihadiri oleh kurang lebih 53 peserta yang terdiri atas ibu-ibu perangkat desa, para wali murid, ibu rumah tangga, serta guru-guru TK dan PAUD setempat.

“Tujuan diselenggarakannya sosialisasi parenting ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam melaksanakan pengasuhan dan pendidikan anak di dalam lingkungan keluarga dengan dasar-dasar karakter yang baik.” jelas Fatchun Nur Rosyid, Koordinator Mahasiswa KKN Desa Gombong.

“Pada era sekarang ini banyak mbak, orang tua yang kurang memahami karakter dan pola asuh anak yang baik sebagaimana mestinya, sehingga diadakannya kegiatan sosialisasi parenting ini sangatlah penting,” ujar salah satu guru PAUD Desa Gombong.

Sosialisasi ini disampaikan oleh narasumber dari PILAR PKBI Kabupaten Batang yaitu Aditya Yuda Pratama, S. KM dengan materi “Possitive Parenting”. Dalam paparan materinya, Mas Yuda mengatakan bahwa sosialisasi parenting ini penting diberikan tidak hanya bagi masyarakat/orang tua di daerah perkotaan, tetapi masyarakat pedesaan pun perlu memperoleh wawasan tentang parenting.

Kegiatan ini diawali dengan Germas atau Gerakan Masyarakat Sehat yaitu melakukan senam dan peregangan yang dipimpin langsung oleh narasumber. Selanjutnya, Mas Yuda selaku narasumber memberikan paparan materi tentang parenting ini secara interaktif sehingga peserta sosialisasi antusias  mengikuti kegiatan ini. Materi yang diberikan juga variatif dan tidak membosankan. Beberapa video dengan tema parenting yang mengharukan turut diputarkan sebagai bagian dari materi kedekatan orang tua dengan anak.

Pembicara mengatakan bahwa pola asuh anak zaman sekarang ini sangat penting diberikan kepada para orang tua. Perbedaan zaman dan kemajuan teknologi yang terjadi secara dinamis, tentu mempengaruhi pola asuh anak. Fenomena yang terjadi di masyarakat dewasa ini, orang tua sering memanjakan atau menenangkan anaknya dengan cara memberi tayangan atau permainan dari gawai mereka. Padahal belum tentu semua tayangan yang bersumber dari gawai adalah tayangan yang baik bagi kembang tumbuh anak. Pembicara juga memberikan materi terkait pentingnya kedekatan emosional antara orang tua dengan anak. Dalam materi ini, pembicara menayangkan video yang berisi kurangnya pemahaman orang tua terhadap perasaan dan keinginan anaknya sendiri.

Perlu diingat bahwa dunia ini terus mengalami perubahan dalam hal kemajuan. Seiring dengan berubahnya zaman, pola asuh terhadap anak pun ikut berubah. Melalui sosialisasi ini,

mahasiswa KKN UNNES Lokasi Tahap IIB Desa Gombong Tahun 2019 berharap dapat memfasilitasi para orang tua di desa setempat dalam hal pengetahuan  pola asuh dan pola didik anak-anaknya di era modernisasi ini.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi