Perangi Virus Corona, Polisi Bubarkan Kerumunan Massa

bhinnekanusantara.id – Jajaran Polres Pekalongan Kota melaksanakan operasi gabungan di Kota Pekalongan pada Senin (23/3/2020) malam hingga Selasa (24/3/2020) dini hari.

Dalam operasi yang melibatkan puluhan personel dan dipimpin langsung Kapolres AKBP Egy Andrian Suez ini, petugas menyasar berbagai penjuru Kota Batik untuk ‘membubarkan’ kerumunan massa.

Berbagai lokasi yang ada keramaian atau kerumunan massa disambangi. Diantaranya, sejumlah kafe, warung pinggir jalan, warnet dan game online, serta beberapa ruas jalan yang masih terdapat orang yang berkumpul, baik untuk sekadar makan-makan, ngobrol, atau nongkrong.

Operasi ini sebagai tindak lanjut upaya Pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Sekaligus menindaklanjuti Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tanggal 19 Maret 2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyeberan Virus Corona (Covid-19).

Dalam kegiatan tersebut, petugas menggunakan pengeras suara, memberikan imbauan secara humanis meminta masyarakat yang sedang berkerumun untuk pulang ke rumah masing-masing.

“Mulai malam ini, masyarakat dimohon untuk tidak keluar rumah, jangan berkerumun, hindari tempat keramaian. Bagi yang masih makan, silakan makanannya dibungkus, dibawa pulang ke rumah. Ini bentuk sayang kami kepada saudara semua. Kami di sini demi kebaikan saudara-saudara semua, demi kesehatan kita dan keluarga kita. Ini demi mencegah penyebaran Virus Corona yang saat ini mewabah. Mohon patuhi imbauan Pemerintah,” seru petugas melalui pengeras suara.

Beberapa lokasi yang disambangi antara lain sejumlah tempat kongkow, warung dan warnet di sepanjang Jalan Diponegoro, Jalan Kemakmuran, Jalan KHM Mansyur, Jalan Binagriya Raya, kawasan Lapangan Mataram, dan Jalan Urip Sumoharjo. Selain dilakukan oleh gabungan satuan fungsi Polres, kegiatan serupa juga dilakukan Polsek jajaran Polres Pekalongan Kota di wilayah masing-masing.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi