Perayaan Nyepi di Candi Badut Kota Malang Usung Keharmonisan Umat

MALANG – Umat Hindu Kota Malang menggelar perayaan Nyepi, Saka Catur Bratha Penyepian, Tahun Baru Saka 1941, Candi Badut, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (8/3/2019). Perayaan Nyepi ini mengusung keharmonisan antar umat beragama.

Ketua Persatuan Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Malang I Putu Moda Arsana acara rangkaian perayaan Nyepi ini di Kota Malang hari ini diikuti oleh 2000 umat Hindu. Dalam perayaan ini, ada pesan yang harus diingat oleh seluruh umat yakni mampu mengendalikan diri untuk menjadi lebih baik.

“Kami harap seluruh umat bisa mengendalikan pikiran dan perkataan , untuk menuju arah lebih baik, terutama dalam berbangsa dan bernegara,” katanya.

Ia juga menyampaikan melalui darma, umat Hindu bisa saling menghormati dan mewujudkan harmoni. Harmonisasi dengan  sesama manusia, dimana kita manusia adalah ciptaan Tuhan, kita bersaudara, sehingga tidak boleh saling menyakiti.

Terakhir, keharmonisasi manusia dengan lingkungan yang diwujudkan melalui upacara sembayang bersama, dan memberikan persembahan berupa hasil bumi atau Canang.

Selain itu, dalam perayaan Nyepi di Candi Badut, Kota Malang, PDHI menghimbau dalam tahun politik ini, umat Hindu harus menjaga kesatuan. Ia juga mengimbau umat Hindu untuk datang ke TPS, sebagai upaya untuk perbaikan dan menjaga NKRI dan Pancasila.

 

 

Sumber : Times Indonesia

Editor : Aishwarya login by Polda Jateng