Petugas Gabungan Terus Lakukan Penyekatan Pemudik

bhinnekanusantara.id – Petugas gabungan yang terdiri dari Polres Pekalongan Kota, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, PMI, Brimob, dan instansi terkait lainnya terus melakukan penyekatan terhadap para pemudik yang melintas di Kota Pekalongan.

Penyekatan dilakukan di tigas posko check point, berlokasi di kawasan THR, Exit Tol Setono, dan depan Kantor Samsat Kota Pekalongan. Pengecekan dan pemeriksaan dilakukan sehari antara dua hingga lima kali, baik itu pagi, siang, sore, maupun malam.

Dalam setiap kegiatan ini, petugas menghentikan kendaraan khususnya berplat luar kota. Kemudian memeriksa pengemudi maupun penumpangnya. Petugas juga mencatat asal dan tujuan mereka, memeriksa suhu tubuh, dan meminta untuk mencuci tangan dengan sabun maupun menggunakan hand sanitizer.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez melalui Kompol Mandala, Jumat (8/5/2020), menjelaskan kegiatan tersebut dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Sesuai imbauan dari Pemerintah, masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan dan diminta untuk tidak mudik untuk memutus mata rantai Covid-19. Berbagai upaya terus kita lakukan, antara lain bersama tim gugus tugas melakukan pemeriksaan kendaraan-kendaraan dari luar kota yang dimungkinkan membawa pemudik. Taati semua anjuran pemerintah. Masyarakat berkeeajiban untuk menaati semua anjuran pemerintah agar Covid-19 ini tidak terus menyebar,” ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan, kendaraan yang membawa pemudik yang melintasi Kota Pekalongan terhitung tidak banyak. Itu lantaran mereka sudah dilakukan penyekatan di kabupaten/kota lain sebelum sampai ke Kota Pekalongan. Misalnya saja pada kegiatan pengecekan pada Selasa (5/5/2020) malam di exit tol Setono, kendaraan dari luar kota yang melintas cukup sepi. Hanya ada sekitar 10 kendaraan yang dihentikan dan diperiksa oleh petugas. Dari pemeriksaan, kendaraan-kendaraan tersebut tidak membawa pemudik.

 

Sumber:radarpekalongan

editor : dealova @polda jateng