Polda Jateng Jajagi Kerjasama dengan UNS di Bidang Akademik

bhinnekanusantara.id – Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) di tengah pandemi virus corona (Covid 19) saat ini, menjajagi kemungkinan kerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Kepala Polda (Kapolda) Jateng, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Ahmad Luthfi, beserta rombongan menyampaikan hal itu saat berkunjung ke UNS dan bertemu dengan Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, Selasa (3/6/2020).
Dalam kunjungan silaturahmi usai Idulfitri tersebut, Irjen. Pol. Ahmad Luthfi, melakukan pembahasan gagasan Kapolda itu di ruang kerja Rektor UNS, kampus Kentingan. Kapolda yang didampingi Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai, Kepala Biro Operasi, Direktorat Intelijen dan Keamanan, Direktorat Kriminal Khusus, Direktorat Kriminal Umum, Kepala Bidang Hukum, Kabid Humas, Kabid Propam, dan Dansat Brimob Polda Jateng, ingin mendapat masukan tentang peluang kerjasama antara Polda Jateng dengan UNS sebagai institusi pendidikan tinggi.
Irjen. Pol. Ahmad Luthfi menyatakan, kunjungannya beserta rombongan yang masih dalam suasana lebaran, bertujuan menjalin silaturahmi dengan sivitas akademika UNS. Selain itu, pihak Polda Jateng berharap terbuka kemungkinan terjalinnya kerjasama antara UNS dengan Polda Jateng.
“Kami beserta jajaran Polda Jateng berkunjung ke UNS untuk menjalin hubungan silaturahmi yang lebih baik. Kemungkinan ada peluang kerjasama antara institusi kepolisian dan universitas. Karena saya dengan Pak Rektor sudah kenal sejak lama dan saat ini saya sekaligus memperkenalkan jajaran Polda Jateng,” ujarnya.
Kapolda melihat, peluang kerjasama UNS dengan Polda Jateng yang bisa dimanfaatkan adalah bidang akademik. Pihak UNS diharapkan membuka kesempatan bagi anggota kepolisian untuk menempuh studi di UNS. Rektor UNS, yang menerima kunjungan Kapolda Jateng di Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS, menyambut baik keinginan Kapolda untuk menjalin kerjasama.
Dalam kunjungan tersebut, keduanya memanfaatkan momentum silaturahmi itu membahas soal peluang kerjasama antara UNS sebagai institusi pendidikan tinggi dengan Polda Jateng.
“Minal aidin walfaizin. Selamat datang di kampus UNS. Selama Covid-19 ini, kami memang membatasi aktivitas di kampus sejak 16 Maret 2020 lalu. Tapi, kami sekarang mencoba untuk menerapkan sesuatu yang baru, yaitu ‘New Normal,” tutur rektor.

sumber: galamedia