Polda Jateng Tanam Satu Juta Lima Ratus Pohon

bhinnekanusantara.id – Gagasan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi menggelar kegiatan penghijauan “Polda Jateng Go Green” ternyata mendapat respons baik dari Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi. Bahkan, akhirnya program ini ditarik ke Mabes Polri sebagai program nasional bertajuk “Gerakan Satu Juta Pohon, Polri Peduli Lingkungan.” Pencanangan kegiatan ini dilakukan serentak Jumat (10/1) kemarin di semua Polda dan Polres se-Indonesia, termasuk Polda Jateng yang dilakukan di halaman Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Yang istimewa, Polda Jateng tak hanya menargetkan menanam satu juta pohon, tapi satu juta lima ratus pohon.

“Saya bersama Pak Wakapolda dan anggota Polri di 35 Polres di Jawa Tengah hari ini (kemarin) melaksanakan kegiatan serentak penanaman dan perawatan pohon,” ungkap Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.

Kegiatan kemarin dihadiri Wakapolda Jateng Brigjen Pol Ahmad Luthfi beserta pejabat utama Polda Jateng, di antaranya Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksawa, Kabid Humas Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna, dan Kabiddokkes Polda Jateng Kombes Pol dr Tri Yuwono Putra. Hadir juga perwakilan PT Djarum Foundation, Perhutani Jateng, Bappeda, BPBD Jateng, mahasiswa, dan Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto.

Dikatakan kapolda, kegiatan tersebut dalam rangka program gerakan satu juta pohon 2020 Polri Peduli Lingkungan dan program Polda Jateng Go Green. Dalam kegiatan pro lingkungan ini, Polda Jateng didukung oleh PT Djarum Foundation, Perhutani dan Bappeda Jateng.

“Jadi, ini awalnya program Polda Jateng Go Green, kemudian ditarik oleh Mabes Polri sebagai kegiatan nasional yang hari ini (kemarin) dicanangkan oleh Bapak Kapolri. Beliau hari ini melakukan penanaman di Polda Jabar,” katanya disambut tepuk tangan.

Rycko membeberkan, penanaman kali ini merupakan program lanjutan yang sudah dilaksanakan sebelumnya sekitar November 2019 oleh Polda Jateng, dengan menanam 12 ribu bibit di seluruh polres jajaran Polda Jateng. Kemudian pada pertengahan Desember 2019 melakukan penanaman sebanyak 3.000 bibit mangrove di Pantai Morosari, Sayung, Demak. “Kalau hari ini 32 ribu bibit pohon ditanam di seluruh polres jajaran Polda Jateng, Kami bercita-cita pada tahun 2020 semoga bisa tercapai menanam satu juta lima ratus pohon,” tegasnya.

Kapolda yang dikenal religius ini mengaku prihatin dengan kondisi lingkungan sekarang. Ia mencontohkan saat terbang dengan helikopter menuju Magelang atau Cilacap, dia melihat banyak lahan yang gundul. “Saya melihat lahan perbukitan yang kosong tanpa tanaman. Seperti di Mekkah-Madinah saja,” katanya sambil tersenyum.

Rycko menyebutkan, jenis pohon yang ditanam meliputi tanaman keras dan buah-buahan. Tanaman keras di antaranya pohon jati, trembesi, dan pohon tule. Sedangkan pohon buah di antaranya rambutan, mangga, termasuk pohon pete.

“Mari kita galakkan kegiatan menaman dan merawat pohon untuk lingkungan dan untuk anak cucu kita kelak. Insya’ Allah pada akhir bulan ini (Januari 2020) akan melanjutkan penanaman 10 ribu pohon bakau, rencananya nanti dilakukan di pantai Kabupaten Jepara,” ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada PT Djarum yang menyediakan bibit dan juga menjadi mentor pembuatan bibit pohon di Polda Jateng. Termasuk juga Perhutani dan Bappeda Jateng yang juga menyediakan bibit dan pohon.

“Mudah-mudahan program ini terus berkelanjutan sampai tahun tahun berikutnya gerakan menaman pohon terus kita lakukan dan tidak akan berhenti. Sehingga semakin asri, semakin hijau, ekosistem semakin seimbang dan tanah semakin subur,” harapnya.

Dalam kegiatan kemarin, ibu-ibu Bhayangkari Polda Jateng yang dipimpin Ny Ningrum Rycko Amelza Dahniel turut hadir melakukan penanaman.

Bagus dari Djarum Foundation mengatakan, PT Djarum peduli dengan kelestarian lingkungan. Hingga kini sudah jutaan pohon trembesi ditanam. Bahkan, hasilnya mulai bisa dinikmati. Misalnya, di sepanjang jalan pantura Semarang-Demak hingga Kudus. “Kami memiliki pusat pembibitan pohon trembesi. Rabu depan kami juga akan melakukan penanaman di Bukit Patiayam Kudus,” katanya.

 

sumber : humas polda jateng

editor : [email protected]polda jateng