Poles Magelang Persiapkan Pasukan Berkuda

 

bhinnekanusantara.id – Penampilan dua ekor kuda asal Belanda memperoleh perhatian pengunjung Candi Borobudur Magelang, Sabtu (17/10/2020). Selain postur tubuhnya yang gagah dan kekar, kedua ekor kuda tersebut juga berpenampilan lembut dan jinak.

Kedua kuda yang berwarna hitam dan coklat tersebut berjenis kelamin jantan dan betina usia antara 7-8 tahun, dan salah satunya diberi nama Quietness. Diawal penampilannya, salah satu kuda dinaiki Direktur Polisi Satwa Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Drs Hariyanto SH MHum, sedang kuda satunya dinaiki salah satu anggota Polwan.

Kepada wartawan yang menemuinya, Dir Polsatwa Korsabhara Baharkam Polri mengatakan Candi Borobudur merupakan salah satu wisata unggulan atau prioritas di Indonesia. Kalau selama ini pengamanan diantaranya dilakukan dengan menggunakan K-9 atau satwa jenis anjing, nantinya Polres Magelang juga akan dilengkapi dengan pengamanan berupa Satwa Turangga.

Kedatangannya ke Polres Magelang, Sabtu (17/10/2020), juga untuk mempersiapkan Polres Magelang memiliki pasukan berkuda. Kalau Polres Magelang siap, akan diberikan dukungan kuda untuk menjadi salah satu kegiatan patroli. Kegiatan Sabtu kemarin juga untuk mengedukasi kepada masyarakat, bahwa Polri juga memiliki Satuan Berkudanya.

Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba SIK MSi mengatakan keberadaan kuda ini dalam rangka wujud memperkuat proses pengamanan di Candi Borobudur. Tidak hanya kuda, rencananya juga akan dibangun helipad atau landasan untuk helikopter. Nantinya ada pasukan tersendiri dari Sat Pam Obvit, dan digabung dengan Pam Satwa. (thohir)