Polisi Rilis Delapan Kelompok Terlibat Kerusuhan Mei, Terjauh Oknum Kelompok Dari Aceh

bhinnekanusantara.id – Polisi mengungkap pelaku kerusuhan selepas pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 21-22 Mei 2019 lalu terdiri dari beberapa kelompok.

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Suyudi Ario Seto mengatakan, salah satu kelompok itu ialah oknum mengatasnamakan kelompok agama yang datang dari sejumlah daerah.

“Beberapa kelompok yang sampai dengan hari ini kami ungkap, yang pertama adalah oknum. Oknum saya katakan, dari kelompok Islam yang berasal dari beberapa daerah,” kata Kombes Pol Suyudi.

Kombes Pol Suyudi mengatakan, kelompok itu berasal dari sejumlah daerah yakni Serang, Tangerang, Cianjur, Banten, Jakarta, Banyumas, Majalengka, Tasikmalaya, Lampung, dan Aceh.

Kombes Pol Suyudi melanjutkan, ada juga kelompok oknum mengatasnamakan organisasi masyarakat dan relawan politik yang juga terlibat dalam kerusuhan tersebut.

“Ada juga oknum organisasi kemasyarakatan ini (inisialnya) GRS, FK, dan GR. Kemudian ada juga oknum relawan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, polisi sudah mendeteksi delapan kelompok yang berperan merancang pecahnya kerusuhan.

“Ada beberapa kelompok-kelompok tertentu yang mendesain kerusuhan pada 21 dan 22 Mei 2019. Ini kelompok-kelompok tertentu ini ada delapan kelompok yang bermain,” kata Brigjen Pol Dedi.

Dia mengatakan, penyidik akan mendalami keterlibatan delapan kelompok tersebut.

 

sumber : tribunjateng

editor : saibumi @polda jateng

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.