oleh

Polisi Tak Larang Penggunaan GPS di Jalan, Asalkan…

bhinnekanusantara.id – Penggunaan alat navigasi penunjuk jalan yang populer disebut dengan GPS terus menuai polemik sejak awal tahun ini. Hal itu lantaran GPS dikhawatirkan memicu kecelakaan akibat konsentrasi pengemudi yang terganggu.

Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP I Made Agus Prasatya Wariskan mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan penggunaan GPS, asalkan tidak dalam situasi mengemudi.

“Gak masalah kan (penggunaan GPS), yang penting selama dia tidak mengganggu konsentrasi. Misalnya Gojek kan dia berhenti (saat) menggunakannya, sudah oke,” ujarnya usai menghadiri acara sosialisasi keselamatan berkendara bersama Womens Cycling Community (WCC) Nusantara di BMW Motorrad Flagship Store, Jakarta Selatan, Minggu (10/3).

“Yang penting begitu dia berkendara (tapi) fokus kepada GPS nya, baru ditindak karena mengganggu konsentrasi,” tambah Agus.

Dirinya menjelaskan, dalam Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan terdapat satu pasal yang mengatakan bahwa setiap berkendara harus dalam keadaan konsentrasi.

“Jadi melihat handphone saat berkendara itu mengganggu konsentrasi, itu sangat fatal,” tegasnya.

Agus melanjutkan, undang-undang sudah jelas mengatur bahwa pengemudi harus berkonsentrasi sepanjang berkendara.

“Kalau mengganggu harus ditilang,” pungkasnya.

Dalam kegiatan hari ini, Polda Metro Jaya berkolaborasi dengan para anggota Womens Cycling Community (WCC) Nusantara dalam melakukan sosialisasi keselamatan berkendara. Kegiatan yang masih dalam rangkaian ‘Millenial Road Safety Festival‘ itu juga bertepatan dengan ulang tahun ke-4 WCC Nusantara.

Menurut data statistik Polda Metro, generasi yang dominan menjadi korban kecelakaan lalu lintas dari tahun 2014 hingga 2018 adalah millennial dengan angka 17.910 korban. Untuk itu, Korps Lalu Lintas Polri di seluruh provinsi menggelar rangkaian kegiatan ‘Millennial Road Safety Festival 2019’ yang merupakan agenda sosialisasi dengan desain kebutuhan kaum millennial untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas.

 

 

Sumber : Akurat

Editor : Awlina IMM Polda Jateng