oleh

Polres Banjarnegara Gelar Workshop Juga Sosialisasi Perpol Nomor 04 Tahun 2020 Pada Pengguna Satpam dan BUJP

Bhinnekanusantara.id, Banjarnegara – Polres Banjarnegara menggelar workshop dan sosialisasi

Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 kepaada pengguna Satpam dan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BJUP) di Aula Samgraha Marga Rupa Polres Banjarnegara, Kamis (10/12/20).

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si mengatakan, adanya program pembinaa ini mengingat satuan pengamanan atau security merupakan sebuah wadah oranisasi kepanjangan tangan dari Polri. Dimana wewenang yang dimiliki satuan pengamanan hampir mirip dengan wewenang yang dimiliki Kepolisian.

“Ada wewenang Kepolisain terbatas yang diemban satuan pengamanan, ada beberapa jenis baju yang dipakai itu melambangkan kewenangan security merupakan turunan dari Polri, tapi ada batas-batas tertentu,” katanya.

Melihat situasi saat ini, lanjut Kapolres, satuan pengamanan mempunyai beban yang sama dengan Polri yakni pengelola keamanan.

“Keamaan itu tidak hanya fisik, bisa dintinjau dari berbagai macam aspek, misalnya adanya pandemi covid-19, itu merupakan tanggung jawab kita bagaimana mengelola keamanan sehingga masyarakat aman dari tertularnya covid-19,” ujarnya.

Menurutnya, dulu security hanya berfikir keamanan lingkungan dari kriminal namun sekarang mindsetnya harus diupgrade atau dirubah.

“Tugas kita sekarang bagaimana mengamankan aspek gangguan kamtibas secara fisik dan kesehatan atau medis,” tuturnya.

Sementara itu, Kasat Binmas AKP Rusmiyatun, SE mengatakan, kegiatan digelar guna meningkatkan kemitraan Polisi dengan instansi pengguna Satpam dan Badan Usaha Jasa Pengamanan (BJUP).

“Setelah kegiatan ini instansi pengguna Satpam dan BJUP agar menindaklanjuti Perpol Nomor 04 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarasa,” katanya.

Perlu diketahui, hadir dalam kegiatan, Kapolres, Wakapolres, PJU dan anggota Sarsipol. Saat kegiatan ini juga disampaikan sosialisasi terkait covid-19 dari RS. Emanuel Purwareja Klampok. Pelaksanaan kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

News Feed