oleh

Polres Banjarnegara Terjunkan Personel Antisipasi Gangguan Kamtibmas Selama Perayaak Waisak

Banjarnegara – Polres Banjarnegara melakukan pengamanaan penyelenggaran ibadah Puja Bhakti dan Dharmasanti Hari Raya Tri Suci Waisak 2566 Tahun 2022 di Sejumlah Vihara di Wilayah Kabupaten Banjarnegara, Senin (16/5/2022).

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, pengamanan dilakukan agar masyarakat merasa aman saat merayakan waisak.

“Pengmanan dilakukan di Vihara yang ada di Desa Merden Kecamatan Purwanegara, Vihara di Desa Somawangi dan Mandiraja Wetan Kecamatan Mandiraja, Vihara di Desa Pekikiran Kecamatan Susukan dan Desa Kasmaran Kecamatan Pagentan,” katanya di Mapolres Banjarnegara.

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan, personel yang diterjunkan dari Polres Banjarnegara dan Polsek jajaran, petugas tidak hanya menjaga keamanan tetapi juga memastikan penerapan prokes benar-benar dipatuhi dan dilaksanakan dengan benar, sehingga umat hindu dalam menjalankan ibadah tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Jamaah yang datang wajib memakai masker dan dipersilahkan untuk cuci tangan terlebih dahulu, ketika masuk vihara dicek suhu menggunakan thermogun, jamaah tetap jaga jarak ,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Kapolres, petugas juga terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan untuk menghindari adanya penyebaran Virus Covid-19.

“Masyarakat kami himbau agar tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan,” kata dia.

Menurut dia, pengamanan dan patroli dilakukan agar tercipta situasi yang aman, kondusif dan antisipasi berbagai gangguan Kamtibmas selama perayaan hari raya Waisak.

“Sebagai upaya Kepolisian dalam memberikan jaminan keamanan kepada umat hindu khususnya dan masyarakat Banjarnegara pada umumnya,” tandasnya.