Polres Blora Canangkan Desa Tempuran Sebagai Desa Wisata Candi

Kepolisian Resor Blora, Polda Jawa Tengah bersama Kodim 0721/Blora dan pemerintah setempat melakukan pencanangan Kampung Wisata Candi di Desa Tempuran Kecamatan Blora sebagai upaya untuk menjaga kegiatan perekonomian warga agar tetap berjalan meskipun ditengah pandemi Covid – 19.

Desa Tempuran adalah salah satu desa di wilayah kecamatan Blora Kabupaten Blora Jawa Tengah, di desa Tempuran ini ada salah satu wilayah yang terkenal, yaitu waduk Tempuran dimana dikawasan tersebut terdapat beberapa tempat wisata.

Waduk Tempuran menjadi lokasi yang sering dikunjungi untuk bersantai atau piknik. Pasalnya, bendungan atau waduk ini punya tempat yang sejuk, bersih, serta masih alami.

Ketika berwisata ke tempat ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan waduk. Ada sejumlah kafe yang menjual aneka makanan dan minuman khas setempat, yaitu ikan bakar khas tempuran. Selain itu, tersedia pula rumah joglo, yang kerap disewa untuk acara-acara seperti reuni atau acara keluarga. Pengunjungpun bisa mencoba wahana water boom, naik perahu keliling waduk, atau memancing.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK mengungkapkan bahwa pencanangan kampung wisata candi ini bermaksud untuk menjaga perputaran roda ekonomi, terutama dalam bidang pariwisata agar bisa terus berjalan, namun aman dari Covid – 19. “Polres bersama Kodim dan Pemkab Blora ingin menjaga agar roda perekonomian warga terus berjalan namun aman dari Covid – 19,” kata Kapolres.

Kampung wisata candi ini merupakan itikad bersama untuk mewujudkan pariwisata yang aman dan bebas dari Covid – 19, “Untuk itu kami harapkan peran serta dari masyarakat, dan kepada warga desa Tempuran, kami ucapkan terimakasih dimana telah menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan wisata di desa Tempuran,” beber Kapolres Blora.

Ia berharap Kampung Wisata Candi di desa Tempuran ini, bisa menjadi pelopor bagi tempat wisata lainnya agar lebih berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga kegiatan pariwisata bisa terus berjalan namun bebas dari penyebaran virus corona.

“Peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam pencegahan penyebaran virus corona, karena tanpa peran aktif masyarakat upaya pemerintah akan sia-sia,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Tempuran Bapak Keman, mengapresiasi pencanangan Kampung Wisata Candi Desa Tempuran oleh Polres Blora, dimana dengan pencanangan ini diharapkan dapat kembali memulihkan perekonomian terutama dalam usaha pariwisata yang terkena imbas dari pandemi Covid – 19, “Harapannya kedepan semoga virus corona segera sirna sehingga perekonomian kembali pulih dan bisa berkembang,” ucap Kepala Desa Tempuran.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Blora juga menyerahkan bantuan sosial berupa paket sembako kepada masyarakat kurang mampu terdampak covid – 19 di desa setempat.