Polres Blora Gelar Rakor dan Kesepakatan Damai Bersama Perguruan Silat

Polres Blora Polda Jawa Tengah | Polres Blora Polda Jawa Tengah menggelar Rapat Koordinasi Kesepakatan Damai Bersama Perguruan Silat se Kabupaten Blora, Kamis, (27/08/2020) di Aula Arya Guna Polres Blora.

Hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK, Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi,SE, Bupati Blora yang diwakili oleh Asisten 2 Drs. Suryanto, M.Si, Ketua IPSI Blora H.M.Dasum, Wakapolres Kompol Drs.Joko Watoro, Pejabat Utama Polres Blora, Para Kapolsek Jajaran dan Ketua Perguruan Silat di Kabupaten Blora beserta dua pengurus masing masing.

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK mengungkapkan bahwa tujuan utama digelarnya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif di Wilayah Kabupaten Blora terutama menjelang Pilkada 2020. “Kita disini menyamakan persepsi, untuk bersama menjaga situasi agar tetap aman, damai dan sejuk terutama menjelang Pilkada Kabupaten Blora,” ucap AKBP Ferry.

AKBP Ferry mengaku bangga dimana di kabupaten Blora banyak perguruan silat, dan tentunya dengan banyaknya pemuda yang mempunyai modal ilmu silat dan kanuragan harus bisa menciptakan Blora yang handal melalui IPSI Kabupaten Blora. Menyikapi maraknya pengesahan warga baru dibeberapa perguruan silat saat bulan Suro, Kapolres menekankan agar pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan dengan tertib dan menaati aturan, serta tidak arogan dan tentunya menerapkan protokol kesehatan, untuk antisipasi Covid – 19. “Sesuai dengan Inpres No 6 Tahun 2020 serta Perbup No.55 Tahun 2020, setiap kegiatan harus menerapkan disiplin kesehatan sehingga aman dari Covid – 19, ” tandas Kapolres.

Sementara itu Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi,SE menyampaikan komitmennya untuk mendukung Polres Blora dan tentunya bersama sama dengan Pemkab Blora untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Blora, salah satunya adalah berawal dari Rakor dan Kesepakatan Damai Bersama Perguruan Silat ini, “Mari kita bangun komitmen bersama untuk menjalin silaturahmi yang baik, terutama antar perguruan silat, manfaatkan kelebihan ilmu beladiri untuk kebaikan,” urai Dandim 0721/Blora.

Dalam kegiatan tersebut Ketua IPSI Blora H.M.Dasum membacakan ikrar kesepakatan damai dalam rangka menciptakan situasi yang aman, damai dan kondusif di wilayah Kabupaten Blora yang diikuti oleh
Ketua Perguruan Silat yang hadir.

Yaitu Ketua PSHT Cabang Blora pusat Jakarta, Ketua PSHT Cabang Blora Pusat Madiun, Ketua PSHT Cabang Cepu Pusat Madiun serta Ketua Pagar Nusa Blora dan Ketua SH Winongo Tunas Muda Blora serta Ketua IKSPI Blora.

Seusai pembacaan ikrar dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi damai oleh seluruh perguruan silat yang hadir dan disaksikan oleh Kapolres, Dandim dan Bupati Blora yang diwakili oleh Asisten 2 Bapak Suryanto.

Adapun isi dari deklarasi damai tersebut meliputi :

1. Sanggup untuk menjaga ketertiban umum dan situasi kamtibmas yang aman serta kondusif di wilayah Kabupaten Blora.
2. Tidak akan mencampuri maupun menganggu jalannya kegiatan pengesahan warga baru yang dilaksanakan perguruan silat lain.
3. Sanggup untuk mengendalikan anggota/warga dari perguruan masing masing, supaya tidak melaksanakan konvoi maupun kegiatan lain yang dapat menganggu ketertiban umum dan jalannya pengesahan warga baru PSHT maupun perguruan lain.
4. Apabila terjadi perselisihan/permasalahan, maka sanggup untuk menyelesaikan secara kekeluargaan dan apabila menemui jalan buntu, maka akan diselesaikan secara hukum.

(Penulis : Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi