Polres Blora Kedatangan Tim Penilai Pelayanan Publik Polda Jawa Tengah

Polres Blora Polda Jawa Tengah | Dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) , Polres Blora kedatangan tim penilai pelayanan publik Polda Jawa Tengah, Jumat, (02/10/2020).

Tim yang dipimpin oleh Kabag Reformasi Birokrasi Polri Rorena Polda Jawa Tengah AKBP Cahyo Widiarso, SH, SIK, MH disambut hangat oleh Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK didampingi para perwira yang mengemban fungsi pelayanan di Gedung Satpas SIM Polres Blora di jalan Agil Kusumodiyo Blora.

Kapolres Blora memaparkan pencapaian kesatuan selama persiapan penilaian dari Tim Polda Jateng, meliputi penampilan markas komando, sarana dan prasarana serta terobosan pelayanan publik. Pada kesempatan tersebut Kapolres memaparkan bahwa untuk mewujudkan pelayanan prima kepolisian Polres Blora terus berbenah, terutama dalam bidang pelayanan masyarakat, salah satunya adalah terobosan Informasi Teknologi (IT) dibidang lalu lintas yaitu inovasi Pituduh Samin Satpas Polres Blora Serta SIM Delivery.

Pituduh Samin adalah suatu inovasi menyampaikan pesan singkat (SMS) kepada masyarakat yang memiliki SIM dengan tujuan untuk mengingatkan kepada pemilik SIM agar segara memperpanjang SIM nya sebelum masa berlakunya habis. Kemudian untuk SIM Delivery adalah sebuah pelayanan delivery SIM yang diperuntukkan bagi pemohon yang tidak sempat menunggu SIM nya tercetak, serta pemohon SIM yang waktunya sangat terbatas yang diberikan perusahaan atau instansi dalam pengurusan SIM.

Adapun SMS pemberitahuan masa perpanjangan SIM akan dilakukan tiga tahap, yaitu SMS pertama akan dikirimkan satu bulan sebelum masa berlaku SIM habis dengan imbauan serta mengingatkan bahwa SIM akan habis masa berlaku. Kemudian SMS kedua dikirimkan 2 minggu sebelum masa berlaku SIM habis dengan pemberitahuan bahwa SIM sudah bisa diperpanjang. Dan terakhir SMS ketiga dilakukan satu minggu sebelum masa berlaku SIM habis serta imbauan agar pemilik SIM segera memperpanjang masa berlakunya SIM.

“Polres Blora melaksanakan terobosan kreatif dan inovatif pelayanan publik, salah satunya dibidang lalu lintas, yaitu pituduh samin dan SIM delivery yang mengacu kepada peningkatan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat,” ungkap Kapolres Blora.

Kapolres menambahkan, dengan pembenahan dan segala inovasi pelayanan publik yang telah dilakukan diharapkan dapat melayani masyarakat dengan baik, cepat dan mudah. “Intinya kita ingin mewujudkan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Kabupaten Blora,” tandas Kapolres.

Sementara Itu Ketua Tim Penilai Inovasi Pelayanan Publik Polda Jawa Tengah AKBP Cahyo Widiarso, mengatakan bahwa untuk menuju Zona Integritas dalam rangka menuju WBK dan WBBM setiap Polres harus menggelorakan produk unggulan sebagai produk nomor satu terutama dalam pelayanan kepada masyarakat. “Dengan adanya inovasi pelayanan tersebut, harapannya masyarakat puas dengan kinerja dan pelayanan dari Kepolisian, terutama di Kabupaten Blora ini,” ucap AKBP Cahyo Widiarso.

Untuk diketahui penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai Polda Jawa Tengah meliputi seluruh pelayanan publik yang ada di Polres Blora meliputi pelayanan SPKT, SKCK, serta Pelayanan SIM dan pelayanan publik lainnya.

(Penulis : Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi