Berita

Polres Karanganyar Meraih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenpan RB

Cropped Favicon Bi 1.png
×

Polres Karanganyar Meraih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dari Kemenpan RB

Share this article
Polres Karanganyar Dapat Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Dari Kemenpan Rb

KARANGANYAR–Polres Karanganyar berhasil meraih penghargaan Pelayanan Prima Terbaik Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Instansional Tahun 2023. Penghargaan tersebut kali pertama diterima Polres Karanganyar dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB).

Penghargaan diserahkan langsung Menpan RB Abdullah Azwar Anas disaksikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfhi di Astor Bollrooom The St. Regis Jakarta pada Selasa (9/7/2024). Kegiatan ini juga diikuti Kapolres se-Indonesia secara daring.

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy mengatakan penghargaan untuk kategori pelayanan prima hasil Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Instansional Tahun 2023 oleh Kemenpan RB ini bentuk kerja keras dan keberhasilan seluruh jajaran Polres Karanganyar, terutama dalam pelayanan SIM dan SKCK.

“Kami sangat bangga dengan prestasi yang diterima ini. Kami tidak akan pernah berhenti untuk memberikan pelayanan terbaik,” kata Kapolres kepada Solopos.com, Jumat (12/7/2024).

Kapolres mengatakan penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan menjaga standar tinggi dalam pelayanan publik. Kapolres percaya bahwa dengan komitmen dan kerja sama, dapat terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Menurutnya, untuk meraih penghargaan ini tidaklah mudah. Penilaian dilakukan sejak awal tahun lalu melalui evaluasi pelayanan serta umpan balik dari masyarakat, yang dipantau lewat aduan di media sosial dan inspeksi mendadak.

Karanganyar menjadi satu-satunya Polres di Jawa Tengah yang memperoleh penghargaan tersebut, mengungguli daerah lain.

“Pada awal tahun, kami di Polres Karanganyar, menyadari pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Terinspirasi oleh kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang cepat, transparan, dan profesional, kami memulai serangkaian langkah strategis,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan langkah pertama dengan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap proses pelayanan yang ada baik Pelayanan SIM (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM/Satpas) dan Pelayanan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).

Pihaknya lalu mengidentifikasi beberapa area yang memerlukan perbaikan, seperti waktu respons, aksesibilitas informasi, interaksi dengan masyarakat, antrean panjang, waktu tunggu yang lama, dan kurangnya informasi yang jelas.

“Kami lalu membentuk tim khusus untuk merancang dan mengimplementasikan berbagai inovasi pelayanan,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan Polres Karanganyar memanfaatkan teknologi informasi untuk mempercepat proses administrasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan.

Aplikasi dan platform online dikembangkan untuk berbagai keperluan, mulai dari pengaduan, permohonan informasi, hingga pengurusan dokumen. Selain itu juga meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan berkelanjutan, fokus pada etika pelayanan dan kemampuan komunikasi.

“Salah satu inovasi utama yang kami terapkan adalah digitalisasi proses pelayanan. Kami mengembangkan sistem pendaftaran dan pengajuan SIM dan SKCK secara online, yang memungkinkan masyarakat untuk mengajukan permohonan dan mengunggah dokumen secara daring,” katanya.

Dikatakan Kapolres, sistem ini tidak hanya mengurangi waktu tunggu dan antrean di kantor polisi, namun juga memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang berada di lokasi jauh.

Polres juga meluncurkan inovasi unggulan yaitu Latar Jelita (Layanan Antar Jemput Disabilitas) SATPAS dan SKCK Deliveri pada pelayanan SKCK.

Tidak hanya itu, Kapolres menambahkan juga melaksanakan pemantauan dan evaluasi untuk memastikan setiap unit layanan beroperasi dengan efisien dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Kapolres secara langsung melakukan inspeksi mendadak ke bagian unit layanan termasuk Satpas dan SKCK.

“Jadi kami mendapatkan gambaran langsung mengenai kondisi lapangan. Kami juga mengadakan berbagai program kemitraan dengan komunitas dan lembaga lainnya untuk menggalang umpan balik yang konstruktif,” katanya.

Menurut Kapolres, hasil dari upaya tersebut mulai terlihat dalam waktu yang relatif singkat. Polres Karanganyar menerima berbagai penghargaan dan apresiasi dari masyarakat, serta peningkatan signifikan dalam indeks kepuasan publik.

Puncaknya, Polres Karanganyar berhasil meraih peringkat pelayanan publik tingkat Mabes, sebuah pengakuan atas dedikasi dan kerja keras seluruh tim.

“Saya secara langsung menerima penghargaan kategori Pelayanan Prima hasil Pemantauan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Instansional Tahun 2023 dari Menpan RB,” katanya.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, Kombes Pol Nanang Haryono, AKBP Suryadi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia