Polres Pati Gelar Millennial Road Safety Festival 2019

bhinnekanusantara.id – Polres Pati menghelat Millennial Road Safety Festival (MRSF) di Alun-Alun Pati, Minggu (10/3/2019).

Festival keselamatan berkendara yang terutama ditujukan bagi generasi milenial tersebut diikuti oleh ribuan masyarakat Pati dari berbagai usia.

Festival tersebut dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, antara lain jalan sehat, ekspo produk UMKM, pembagian doorprize, dan pembacaan deklarasi pelopor keselamatan berlalulintas.

Tak hanya itu, masyarakat juga dipukau oleh atraksi Polisi Wanita (Polwan) dari Polda Jawa Tengah yang mempertunjukkan kebolehannya mengendarai moge (motor gede) dan pertunjukan freestyle dari para extreme rider.

Festival tersebut dibuka oleh Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto. Dalam sambutannya, AKBP Jon mengatakan bahwa MRSF adalah program yang dicanangkan pemerintah pusat untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“Berdasarkan data yang pernah dipublikasikan PBB, kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian nomor lima di dunia. Kegiatan ini adalah satu bentuk upaya mengurangi angka kecelakaan,” ujarnya.

AKBP Jon menambahkan, pelaksanaan festival pada 2019 ini secara khusus menyasar kalangan milenial. Sebab, pada 2018, mayoritas kecelakaan lalu lintas melibatkan generasi milenial, entah sebagai korban maupun pelaku.

“Karena itu, melalui festival ini, kami mengajak generasi milenial, mari kita jaga keselamatan kita. Sebab Anda merupakan generasi penerus. Apabila anda berhati-hati dalam berlalu lintas, hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya menjelaskan bahwa MRSF merupakan kegiatan nasional yang diselenggarakan seluruh Polda dan Polres di Indonesia.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keselamatan berkendara.

“Kebanyakan kecelakaan terjadi karena adanya pelanggaran peraturan lalu-lintas. Dan kebanyakan yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas adalah kaum milenial. Kita pesankan pada anak-anak milenial untuk waspada dan patuh aturan dalam berlalulintas. Sesuai dengan slogan MSRF yang diprakarsai pemerintah, yakni ‘stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan’,” Jelas Bupati Haryanto.

 

Sumber : Tribun Jateng

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng