Polres Pekalongan Kota Kerahkan Mobil Water Canon Semprot Disinfektan

bhinnekanusantara.id – Dengan mengerahkan mobil water canon, Selasa (24/3/2020), Polres Pekalongan Kota melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat umum yang menjadi pusat keramaian guna mencegah penyebaran Covid -19. Sejumlah ruas jalan juga dilakukan penyemprotan agar benar-benar steril.
Sejumlah wilayah di Kota Pekalongan yang dilakukan penyemprotan di antaranya adalah Lapangan Jatayu, Pasar Banjarsari, Pasar Sorogenen, alun alun dan Lapangan Mataram. Penyemprotan disinfektan clorin 0,05 yang dipimpin langsung Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egi Andrian Suez merupakan upaya membantu pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Pekalongan dalam membasmi penyebaran virus mematikan tersebut.
“Semua pusat pusat keramaian akan kita semprot disinfektan agar steril sehingga bisa turut mencegah mewabahnya Virus Corona,” kata Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Edi Andrian Suez.
Selain melakukan sterilisasi fasilitas umum dan ruas jalan perkotaan, Polres Pekalongan Kota juga melakukan sosialisasi social distancing yang menjadi kebijakan pemerintah pusat dalam melawan penyebaran Covid -19. Diharapkan masyarakat melaksanakan social distancing, yakni menjaga jarak, menghindari kerumunan, tidak melaksanakan kegiatan yang dapat mengundang banyak orang, menjaga lingkungan serta tetap berdiam di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak.
“Jika masyarakat menjalankan kebijakan tersebut, secara tidak langsung masyarakat telah membantu pemerintah dalam memutus penyebaran Covid -19. Apabila mengalami gejala badan kurang sehat, segera memeriksakan kesehatan di rumah sakit terdekat,” katanya.
Terkait mewabahnya Virus Corona di sejumlah daerah di Indonesia, juga berdampak pada kegiatan transaksi perbankan di pusat Pekalongan Kota yang saat ini terlihat lengang. Hanya ada beberapa nasabah bank, duduk menjaga jarak menunggu giliran untuk melakukan transaksi.
“Kita tetap beroperasional namun tetap sesuai SOP yang ada. Untuk pencegahan kami juga menyiapkan hand sanitizer, masker dan tempat cuci tangan,” kata Nur Alfiyah, Branch Manager Bank Mandiri Pekalongan ini.

 

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi