Polres Rembang Pulangkan Bonek ke Surabaya

bhinnekanusantara.id – Seluruh remaja yang ditengarai sebagai kelompok suporter Persebaya, Bonek, dipulangkan oleh polisi ke Surabaya, Jumat (12/7/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, mereka diamankan polisi pada Kamis (11/7/2019) siang kemarin karena berbuat onar di kawasan Jalur Pantura Dalan Anyar Pendok Desa Manggar Kecamatan Sluke.

Ada beberapa dari mereka makan di Rumah Makan Robyong, namun tidak bayar. Ada pula yang menganiaya seorang warga sehingga mengakibatkan Darmuji (39) warga Dukuh Pendok Desa Manggar Kecamatan Sluke, terluka.

“(seluruhnya) Dipulangkan kembali ke Jatim. Kira-kira pukul 10.00 dengan pengawalan Dalmas,” kata Kasat Reskrim Polres Rembang AKP Bambang Sugito.

Polisi memang sempat memerika secara intensif lima orang Bonek meski berstatus saksi. Namun penyidik memastikan yang bersangkutan bukan pelaku.

“Hasil pemeriksaan saksi-saksi dan hasil penelitian Unit Inafis, kelima orang yang kami periksa bukan pelaku,” tegas Kasat Reskrim.

Menurut Bambang, ada setidaknya dua kelompok rombongan Bonek yang melintasi Pantura Rembang, Kamis (11/7/2019) siang kemarin.

“Satu kelompok terakhir yang diamankan Polsek Suke tidak melakukan pelanggaran berupa tindak penganiayaan atau makan nggak bayar,” tandasnya.

AKP Bambang , pihaknya melakukan pembinaan terhadap anggota Bonek yang sempat diamankan di Polres Rembang.

“Hanya dilakukan pembinaan di Mapolres. Pagi dipulangkan ke Surabaya. Nggak jadi menyaksikan sepakbola (PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya di Sleman pada Sabtu 13 Juli 2019),” katanya.

Dijelaskannya, pemulangan 50-an Bonek ini menggunakan truk Dalmas. Mereka diantar sampai perbatasan Rembang-Tuban. Selanjutnya dijemput pihak Polres Tuban menuju Surabaya.

Polres Rembang masih melakukan penyekatan Bonek, penyekatan terpantau dilakukan di perbatasan antara Kaliori Rembang dan Batangan Pati. Beberapa suporter kedapatan membawa senjata tajam, sehingga polisi melakukan penyitaan.

Ratusan Bonek yang disekat itu juga terpantau dipulangkan ke arah Surabaya. Ada yang diangkut menggunakan truk Dalmas. Ada pula yang diangkut truk angkutan barang menuju Surabaya. Polisi tetap memantau mereka.

 

sumber : Polres Rembang

editor    : Dealova @polda jateng

 

Silakan berkomentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.