oleh

Polres Semarang gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

bhinnekanusantara.id – Menjelang pelaksanaan Pengamanan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, aparat kepolisian dari Polres Semarang Polda Jateng gencar melakukan berbagai persiapan-persiapan guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Semarang. Polres Semarang adakan latihan Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota di GOR Pandanaran, Wujil, Kabupaten Semarang pada Sabtu (09/3/2019).

Giat simulasi tersebut disaksikan oleh Bupati Semarang Dr. H. Mundjirin, Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Ketua DPRD Kab. Semarang, Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat, Dandim 0714 Salatiga Letkol. Inf. Prayogha Erawan, Ketua FKUB, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Senkom Mitra Polri.

Simulasi ini bertujuan sebagai gambaran jajaran Polres Semarang dalam memberikan perlindungan pengayoman dan melayani terhadap sekelompok masyarakat. Masyarakat dapat menyampaikan pendapat atau aspirasinya di hadapan umum namun tetap menjaga ketertiban umum.

“Simulasi Sispam Kota ini bertujuan agar personel yang terlibat dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing satuan, baik di tingkat pengamanan TPS, Polsek, maupun Polres,” ujar Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat. Kapolres menambahkan inti dari pengamanan ialah mengedepankan langkah preventif serta pelayanan dan pengayoman masyarakat.

“Langkah persuasif lebih penting, namun dalam simulasi ini dilakukan mulai dari langkah prefentif hingga mengantisipasi kemungkinan terburuk agar seluruh jajaran dapat memahami tugas dan fungsinya,” terang Kapolres Semarang.

 

Sumber : Tribrata News

Editor : Bhuwananda IMM Polda Jateng

News Feed