Polresta Solo Bongkar Peredaran Ciu Online, Kompol Sutoyo: Kodenya Amunisi Banyak Siap Kirim

bhinnekanusantara.id – Polresta Solo menyita minuman keras jenis ciu, jelang perayaan tahun baru 2020. Kebanyakan ciu itu dijual secara online.  Kasat Sabhara Polresta Surakarta, Kompol Sutoyo mengatakan, ada sandi khusus dalam peredaran ciu secara online. Biasanya, menggunakan kata Amunisi.

“Jadi misal sandinya ‘amunisi banyak siap kirim’, artinya ada ada ciu yang siap diedarkan,” kata Sutoyo di Mapolresta Surakarta Jalan Adi Sucipto Nomor 2, Selasa (31/12/2019).

Sejauh ini, pihaknya telah dua kali melakukan penindakan peredaran ciu secara online. Pertama yakni penindakan di wilayah Banjarsari dan kemudian di wilayah Ledoksari.

“Yang di Ledoksari kami sita cukup banyak, 40 botol,” ujarnya.

Peredaran ciu ini cukup rapi, sebab penjual maupun pembeli akan berinteraksi melalui Facebook. Kemudian mereka biasanya akan melanjutkan komunikasi via pesan jalur pribadi.

“Dalam pengirimannya juga pakai kurir. Sistemnya terputus. Rata-rata ciunya dari Bekonang,” jelasnya.

Dalam mengawasi peredaran ciu via online, kata Sutoyo, anggotanya rutin melalukan patroli siber. Selain itu, pihaknya juga patroli secara langsung ke lokasi pengedar. Misalnya dalam patroli secara langsung pada akhir 2019 ini, pihaknya kembali mengamankan 45 botol ciu yang disita dari berbagai lokasi di Solo.

“Kalau akhir tahun ini kami amankan dari wilayah Banjarsari dan dua wilayah di Jebres,” jelasnya.

Ciu yang biasa diamankan terdiri atas berbagai macam varian rasa; original, pisang klutuk, sawo, dan salak. Ciu itu dikemas dalam botol bekas air mineral kapasitas 1,5 liter.

“Hasil pemeriksaan rutin akhir tahun, biasanya kalau malam akhir tahun baru peningkatan peredaran. Ini info dari masyarakat atas kepedulian terhadap pekat diinfokan ke kami,” tandasnya.

 

sumber : tribun

editor : dealova @polda jateng

#agussaibumi