Polsek Cepu Polres Blora Patroli Hutan, Antisipasi Karhutla

Polres Blora Polda Jawa Tengah | Berbagai upaya terus dilakukan oleh Polres Blora Polda Jawa Tengah, untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Blora. Salah satunya adalah untuk menjaga kelestarian hutan, dimana sebagian besar wilayah Kabupaten perbatasan Jawa Tengah – Jawa Timur itu adalah wilayah hutan.

Seperti yang dilakukan oleh Polsek Cepu Polres Blora, Senin, (10/08/2020). Satu regu patroli yang dipimpin oleh Aipda Purnomo menggunakan kendaraan patroli polsek blusukan hutan di wilayah kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Dalam patroli tersebut petugas menemukan api yang membakar daun daun kering dan semak belukar di hutan perbatasan kecamatan Cepu – Kecamatan Sambong, melihat api tersebut petugaspun memadamkannya.

Kapolsek Cepu AKP Agus Budiana,SH membeberkan bahwa pihaknya telah menginstruksikan jajarannya untuk patroli hutan secara intensif, bukan hanya untuk antisipasi pembalakan liar namun juga untuk mencegah kebakaran hutan terutama disaat musim kemarau seperti ini.

“Musim kemarau rawan akan kebakaran, dimana jika daun daun kering terbakar akan mudah merambat, dan temuan dilapangan masih ada warga yang membersihkan ataupun membuka lahan dengan cara membakar hutan, itulah yang kita khawatirkan bisa menimbulkan kebakaran hutan yang besar, apalagi setelah membakar ditinggalkan begitu saja, tanpa ditunggui orangnya,” beber Kapolsek Cepu.

Kapolsek menambahkan, selain rutin patroli hutan pihaknya juga meminta bhabinkamtibmasnya untuk aktif turun ke wilayah binaan guna memberikan imbauan kepada warga, terutama masyarakat sekitar hutan agar ikut aktif dalam menjaga kelestarian hutan, “Selain upaya pencegahan melalui patroli, kita juga ajak warga untuk aktif berperan menjaga kelestarian hutan,” tambah Kapolsek Cepu.

Untuk diketahui patroli hutan bukan hanya dilakukan di wilayah kecamatan Cepu saja, namun Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK telah memerintahkan seluruh Polsek jajaran di 16 Kecamatan untuk melakukan hal serupa, sehingga tidak terjadi kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Blora.

(Penulis : Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi