“[POPULER NUSANTARA] Jokowi Janji Gaji PNS Naik | Alasan Prabowo Subianto Minta Maaf

Sumedang – Batal menemui warga Sumedang, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, meminta maaf.
Permintaan maaf tersebut diungkapkan Prabowo melalui sebuah video berdurasi 50 detik. Dalam video tersebut tampak Prabowo berada di samping helikopter bersiap untuk terbang.
Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil ( PNS) akan direalisasikan paling lambat pada awal April 2019. Kenaikan gaji tersebut sebagai bentuk apresiasi Jokowi terhadap kinerja Aparat Sipil Negera (ASN) selama ini.

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

1. Prabowo minta maaf tak bisa menemui warga Sumedang

Prabowo Subianto batal menemui warga Sumedang di Lapangan Kegok Kaler, Desa Legok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (6/3/2019).
Untuk itu Prabowo pun meminta maaf. Permintaan maafnya disampaikan dalam video berdurasi sekitar 50 detik. Saat itu Prabowo berdiri di samping helikopter bersama sejumlah pilot dan teknisi.
Lalu mantan Danjen Kopassue tersebut mengatakan, dirinya sebetulnya sudah bersiap untuk terbang ke Sumedang, namun batal karena alasan cuaca buruk.
“Saudaraku yang berada di Sumedang, saya minta maaf, saya sudah bersiap terbang, tetapi cuaca gelap dari tadi,” ujar Prabowo.
“Para penerbang memberi saran untuk tidak ambil risiko, saya minta maaf,” tambah Prabowo.

2. Pecalang di Bali amankan seorang warga yang berkeliaran saat Nyepi

Petugas keamanan adat atau pecalang di Desa Tuban, Badung, Bali, karena berkeliaran saat Nyepi berlangsung, Kamis (7/3/2019) petang.
Pemuda bernama Rusli itu langsung dibawa ke kantor desa adat. Dia lalu diberikan pembinaan oleh pecalang di Kantor Desa Adat Tuban.
Kepada petugas, Rusli mengaku tidak tahu bahwa hari itu tengah berlangsung Catur Brata penyepian.
Dia mengaku baru berada di Bali selama dua bulan untuk bekerja di sebuah pusat perbelanjaan di Kuta.
“Tidak ada pelanggaran (serius), tetapi ada pelanggaran kecil karena ada seorang pemuda yang keluar. Dia tidak tahu hari ini adalah Nyepi,” ujar Kepala Desa Adat Tuban I Wayan Mendra, Jumat (8/3/2019).

3. Janji Jokowi tak legalkan perkawinan sejenis

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo berjanji tidak akan melegalkan perkawinan sejenis dalam pemerintahannya.
“Katanya pemerintah akan melegalkan perkawinan sejenis, itu tidak akan ada. Jangan termakan fitnah,” kata Jokowi di Lapangan Desa Karang Endah, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (8/3/2019).
Jokowi meminta masyarakat tidak mudah termakan isu yang dapat memecah persatuan satu sama lain.
Pada saat pemilihan presiden, secara bersamaan juga muncul gejolak dorongan pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).
Sampai saat ini, draftnya masih menjadi perdebatan karena dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia. Salah satu yang menjadi sorotan adalah isu bahwa dalam RUU PKS negara mendukung perkembangan LGBT.

4. Urus e-KTP tak perlu pengantar RT RW
Ramadan (25) warga Tiban Pajak, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau mengaku bingung dengan kebijakan pemerintah saat ini.
Pasalnya dirinya sempat dibolak-balik saat akan melakukan perekaman e-KTP di Kecamatan Sekupang.
“Saya bingung, pemerintah pusat mengatakan perekaman bisa langsung datang ke kecamatan. Sementara pihak kecamatan mewajibkan warganya membuat surat pengantar atau domisili dari RT RW,” kata Ramadan, Kamis (7/3/2019).
Bahkan dari kejadian ini Ramadan langsung mengurungkan niatnya untuk melakukan perekaman e-KTP. Dirinya berharap agar ada kejelasan sehingga proses perekaman e-KTP tidak meski harus terjadi seperti ini.

5. Kenaikan gaji PNS paling lambat April 2019

 

Presiden RI Joko Widodo mengatakan, kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan direalisasikan paling lambat pada awal April 2019.
“Tadi di sana waktu saya salam-salaman ada yang menanyakan Pak ini PNS gajinya naik kapan. Gajinya naiknya kapan saya jawab iya saya ngerti, ini PP-nya baru disiapkan,” kata Jokowi dalam sambutan saat meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).
“Saya kira Maret ini akan selesai sehingga awal April nanti sudah bisa diberikan kenaikan itu kepada bapak Ibu sekalian dirapel plus gaji 13, 14,” tambahnya.
Jokowi menilai, pelayanan yang diberikan ASN kepada masyarakat semakin hari semakin baik, terutama dari sisi kecepatan.
“Saya kira betapa kecepatan pelayanan ASN kita semakin hari semakin kelihatan saya tanyakan ke Pak Sekda di beberapa kabupaten,” katanya.

 

 

Sumber : Kompas

Editor : Awlina login by Polda Jateng