oleh

Potret Kedekatan Kapolda Jateng dengan Masyarakat Solo, hingga Penjual Kacang di CFN Surakarta

bhinnekanusantara.id – Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Ahmad Lutfhi dan Danrem 074/Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay beserta jajaran masing-masing patroli menggunakan sepeda kayuh di arena Car Free Night (CFN) Solo, Selasa (31/12). ‎Rombongan berangkat dari markas komando (Mako) II Polresta Solo, di Jalan Slamet Riyadi, pada sekitar pukul 23.15.

Sepanjang perjalanan, dua jenderal polisi dan satu jenderal TNI itu menyapa para pengunjung CFN, yang merupakan pusat perayaan tahun baru 2020 di Kota Solo.

Tak sedikit warga yang kaget, saat mengetahui yang menyapa mereka secara ramah adalah tiga orang yang menyandang pangkat bintang di pundak.

Satu di antaranya adalah seorang pedagang kacang rebus di arena CFN, Siswanto (50). Ia tak menyangka dapat ngobrol begitu dekat dengan Kapolda dan dua jenderal lainnya.

“Saya ndak nyangka, gak tahu itu tadi bapak Kapolda, Wakapolda, dan Danrem. Saya senang, sebelumnya gak pernah ketemu sama beliau-beliau,” ujar ‎pria asal Wonogiri itu.

“Tahunya ketiga orang itu siapa, ya saat mereka memperkenalkan diri. Orangnya ramah-ramah. Tadi kasih ucapan ‘Selamat Tahun Baru 2020’ dan berdoa untuk kebaikan semua,” ucapnya.

Beberapa di antara warga lain memanfaatkan kesempatan itu untuk berfoto bersama dengan ketiga jenderal tersebut. Tak hanya orang dewasa, sejumlah anak-anak pun tampak antusias berfoto bersama.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, mengatakan pihaknya menerapkan maximum security dalam pengamanan arena CFN di Kota Solo.

Menurutnya, meski menerapkan pola maximum security, para personel TNI-Polri tetap mengedepankan humanisme dalam memberikan pelayanan dan pengamanan.

“Agar semua yang merayakan tahun baru merasa aman dan nyaman. Serta, saudara-saudara umat Kristiani yang melaksanakan misa malam tahun baru juga tenang,” ujar jenderal polisi berbintang dua itu.

Sementara itu, Danrem 074/Warastratama, Brigjen TNI Rafael Granada Baay mengatakan pihaknya selalu siap mendukung Polri dalam pengamanan pelaksanaan perayaan tahun baru, maupun dalam kesempatan lainnya.

“Kita berharap, semua berjalan aman, damai‎, dan objek-objek vital semua dalam situasi kondusif,” ucapnya.

Kerahkan Srikandi Polwan

Dalam patroli tersebut, kepolisian mengerahkan puluhan srikandi polisi wanita (Polwan), agar tampak lebih humanis. ‎

“Ada puluhan Polwan yang mendampingi pak Kapoldan, Wakapolda, dan Danrem, dalam patroli sepeda,” kata Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Busroni.

Menurutnya, puluhan Polwan dan personel lain terbagi dalam lima kelompok, yang akan berjaga di masing-masing titik. ‎Yakni di kawasan Purwosari hingga Rel Bengkong, dilanjutkan ke kawasan Sriwedari, lalu diteruskan ke kawasan Ngarsopuro.

“Dilanjutkan sampai Gladak sampai kawasan Pasar Gede,” kata Busroni.

 

sumber : humas polda jateng

editor : saibumi@polda jateng

News Feed