Puting Beliung di Tongas Probolinggo, 1 Meninggal, 45 Rumah Rusak

Probolinggo – Angin puting beliung yang melanda dua desa, di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, merusak 45 rumah warga. Tak hanya merusak bangunan, satu korban jiwa juga turut menjadi korban dalam peristiwa alam ini.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, 30 rumah rusak di Desa Curah Tulis dan 15 rumah rusak di Desa Tambakrejo. Kerusakan bervariasi, mulai dari sedang, ringan dan berat.

Korban meninggal, diketahui bernama Abdurrohim, 32 tahun, warga Desa/Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan. Korban tewas setelah tertimpa pohon kapuk, saat melintas di jalan Desa Tambakrejo. Korban mengalami luka berat di bagian kepala.

“Cepat sekali tadi, berbelok dari utara, kawasan pesisir mlaten, Nguling, Kabupaten Pasuruan, ke Tambak Rejo lalu kesini. Kencang sekali sampai atap SPBU itu beterbangan,” terang salah satu warga Curah Tulis, Raffi, Rabu (6/3/2019) malam.

Hingga saat ini, kondisi di sekitar lokasi masih gelap. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi menyebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Seperti TNI, Polri, Tagana dan Tim Reaksi Cepat BPBD sendiri.

“Mengingat kondisi di lapangan gelap dan terdapat tiang listrik yang roboh, maka pelaksanaan assesment dan penanganan pohon tumbang dilakukan besok,” ujar Anggit.

Sebelumnya, angin puting beliung melanda dua desa di jalur pantura Probolinggo Surabaya, Rabu petang. Akibat kejadian ini, SPBU AKR dan swalayan Indomaret porak poranda.

 

 

Sumber : Detik

Editor : Bhuwananda login by Polda Jateng