Rangkaian Bansos Baharkam Polri Gratiskan Operasi Bibir Sumbing dan Katarak di Semarang

Semarang – Polda Jawa Tengah mengelar kegiatan bakti sosial dalam bentuk operasi katarak dan bibir sumbing di RS Bhayangkara Semarang, Kamis ( 13/2/2020)

Kegiatan yang digelar sebagai salah satu bentuk bakti polri pada masyarakat ini masih berlangsung hingga 15 Februari nanti.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Tri Yuwono Putra menyebut animo masyarakat tinggi.  Operasi katarak misalnya, yang semula ditagretkan 50 peserta kini diikuti sebanyak 65 pasien.

“Untuk saat ini jumlah pasien yang terdaftar untuk kararak ada 63 orang, sedangkan bibir sumbing ada 17 orang. Yang sudah dilakukan screning dan bisa dilakukan tindakan untuk katarak kemarin ada 18 orang, hari ini 18 orang jadi sudah 36 orang,” katanya,  Kamis (13/2/2020).

Menurut dia, penindakan opersi pasien sisanya masih akan menunggu perkembangan kesehatan pasien.

“Nanti di scrining, kalu sudah bisa dilakukan penidnakan ya operasi, kalau belum bisamisalnya waktunya belum bisa diambil lensanya ya kita jadwalkan kembali nanti,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna menambahkan beberapa pasien yang telah mendapatkan penindakan mengaku bersyukur atas terselengaranya program ini.

“Mereka tadi ada yang operasi matanya, sebelah sudah diopersi ibu iktu mengaku matanya telah kembali normal terang, lalu berterimaksih pada Polda Jawa Tengah,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat dari daerah manapun masih dapat mendaftar jika ingin melakukan opersi katarak ataupun bibir sumbing secara gratis.

“Ada beberapa pasien yang mendaftar dari Jakarta dan Kalimantan, kita melayani semuanya. Sementara kan target kita belum mencukupi karena kan dari yang disrining ada beberapa yang belum memenuhi sarat masih dirawat dulu,” terangnya.

Warga Ungaran Yarnis (41) merasa bersyukur anak perempuannya Citra KIrana Lestari yang kini berusia 10 bulan dapat memperoleh operasi bibir sumbing secara gratis.

“Sebelumnya kita mau tindakan operasi kalau ada uang, tapi anak saya yang kedua buka HP  tau informasi ini, terus kita coba daftar. Alhamdulillah diterima, prosesnya kan gampang, semoga lancar,” katanya.

Selain operasi ini, Polri juga dijadwalkan mengelar pengobatan masal, sunatan masal, penyuluhan gisi, pemeriksaan laborat, pengobatan umum dan donor darah yang akan dilaksanakan di Blora. (saibumi)