Rawan Bencana, Sat Shabara Polres Banjarnegara Pasang Spanduk Peringatan

Bhinnekanusantara.id, Banjarnegara – Hingga saat ini curah hujan masih tinggi, sedangkan di Wilayah Banjarnegara daerah rawan bencana. Hal itu  membuat Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Shabara) Polres Banjarnegara membuat spanduk peringatan untuk waspada terhadap bencana, terutama tanah longsor.

Kapolres Banjarnegara AKBP. Fahmi Arifrianto,. S.H,. S.I.K,. M.H,. M.Si melalui Kasat Shabara AKP. Agustinus K, SH mengatakan, sebagai salah satu upaya pengurangan risiko bencana di Banjarnegara, pihaknya terus bersinergi dengan instansi terkait untuk mensosialisasika kepada masyarakat tentang jalur rawan tanah longsor.

“Kami telah memasang spanduk peringatan di titik-titik jalur yang rawan longsor untuk mengurangi risiko becana” katanya, Minggu (22/11/20).

Dia menyebutkan jalur rawan longsor, antara lain di wilayah Banjarmangu, Punggelan, Pandanarum, Kalibening, Wanayasa, Karangkobar, Pagentan, Pejawaran, Batur, Madukara, Susukan, Sigaluh, Mandiraja, Purwonegoro dan Pagedongan.

“Dikecamatan itulah kami memasang spanduk peringatan, rata-rata tiap kecamatan tiga spanduk,” ujarnya.

Pemasangan spanduk itu, lanjut Kasat Shabara bertujuan agar masyarakat, khususnya pengendara yang melintas dapat meningkatkan kewaspadaan.

Kita memasang spanduk peringatan agar para pengendara berhati-hati saat melintas, terutama pada saat hujan turun,” tuturnya.

Ia menghimbau masyarakat agar berhati-hati dan waspada, terutama warga yang tinggal dilereng gunung dan daerah rawan bencana.

“Saat berkendara turun hujan tingkatkan kewaspadaan, jangan parkir dibawah pohon, jangan membuang sampah di sungai dan apabila terjadi musibah segera lapor pihak terkait,” kata dia.

Tim Humas Polres Banjarnegara – R. Irfan. A