Redam Bahaya Radikalisme Kapolres Rembang Silaturahmi Ke Pondok Pesantren Kauman Lasem Rembang

Rembang – Korp Bhayangkara terus berupaya menangkal berkembangnya radikalisme di Indonesia. Sebagai bentuk pencegahan, benih toleransi antarumat beragama ditanamkan sejak dini. Hal itu tercermin seperti yang dilakukan oleh Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto, S.H S.I.K, M.H. yang melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Kauman Lasem Rembang yang di pimpin oleh KH. Zaim Ahmad (Gus Zaim) pada Jumat Malam(14/02/2020).

Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi kepada para pengurus pondok pesantren dan meningkatkan sikap toleransi di hadapan 2.500 santri yang hadir. Tujuan utama dari kunjungan kali ini melakukan sosialisasi Deradikalisasi kepada para tokoh agama dan kaum melenial di kabupaten Rembang

“Membimbing anak-anak santri ini untuk mengutamakan masalah toleransi. Jadi sejak dini ditanamkan masalah toleransi, kemudian mengajarkan masalah keberagaman, perbedaan, keindahan di dalam NKRI ini,” kata AKBP Dolly di lokasi.

AKBP Dolly berharap upaya yang dilakukan pihaknya dengan pengurus pondok pesantren dapat mendidik para santri menjadi kader dalam menjaga keberagaman.

Dalam kunjungannya tersebut, AKBP Dolly menyebut berita bohong atau hoaks menjadi tantangan yang dihadapi generasi muda.
“Saya harap jangan gampang terprovokasi berita hoaks, itu yang saat ini sangat marak,” tambahnya.

Disamaping itu Pimpinan Ponpes Kauman Lasem Rembang  KH. Zaim Ahmad (Gus Zaim)  mengharapkan kepada jajaran Kepolisian Rembang agar selalu berperan aktif dalam melakukan sosialisasi kepada generasi milenial yang rata-rata anak-anak usia muda untuk selalu berpegang teguh kepada landasan Negara Republik Indonesia yaitu Pancasila dan UUD 1945.

“Kami sangat mendukung langkah yang di ambil oleh Polres Rembang dalam memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada para santri kami, agar santri kami bisa memahami bahaya Radikalisme, karena di Lasem ini sangat beragam sekali banyak perbedaan dan tentunya santri-santri kami akan selalu bisa menghargai perbedaan dan selalu berlandaskan Islamiah dan Pancasila” ujar Gus Zaim

Apapun langkah yang iambil oleh Polres Rembang dalam meredam bahaya Radikalisme, kami akan selalu mendukung penuh Program Polres Rembang, tambah Gus Zaim. (saibumi)